Santunan Kematian Sepi Peminat


Ahad, 18 Oktober 2015 - 19:34:50 WIB

Melihat kondisi ini Ke­pala Bagian (Kabag) Kesra Pemko Padang Al-Amin mengatakan, pihaknya hing­ga saat ini setidaknya telah menerima 70 lebih  per­mohonan dana santunan tersebut.

Proposal yang sudah sampai ke Badan Pe­nge­lolaan Keuangan dan Aset (BPKA) sebanyak 64. Jika dibandingkan dengan tahun lalu hingga Oktober ini sudah sampai ratusan pe­ngaju, sehingga di tahun 2014 lalu pengaju santunan kematian mencapai 726 orang.

“Kita tidak tahu pe­nye­babnya kenapa semi pe­minat. Barangkali masya­rakat kita sudah paham, apalagi kita sebagai ma­syarakat bisa ada pusako tinggi. Pusako ini ada ke­tentuaannya, jika dijual se­perti mayik tabujua di ateh rumah, ada tiga keten­tu­anya,” urai Al Amin.

Ia menambahkan, kon­disi ini sebenarnya baik karena masyarakat tidak lagi mengharapkan bantuan dari pemerintah. Bisa jadi masyarakat sudah giat da­lam bekerja sehingga apa­pun yang terjadi sudah dian­tisipasi.

Terkait dengan santunan kematian yang syaratnya d nilai masyarakat sulit dan berbelit-belit, menurut Al Amin itu tidak benar. Ka­rena pendapatnya uang ne­gara memang tidak bisa diberikan tanpa keten­tuan­nya atau diberikan begitu saja.

“Jangankan uang Rp1 juta ini, uang Rp100 ribu saja jika itu uang negara susah mencairkannya. Ha­rus menggunakan kuitansi, harus pakai stempel jika tidak begitu ada peme­rik­saan dari badan terkait se­perti KPK, BPK. Jadi jika masyarakat menilai susah syaratnya itu berarti tidak mau berusaha saja. Semua blangko sudah dipersiapkan tinggal mengambil di RT, RW atau kantor lurah,” terang Al Amin.

Menurutnya, pemberian dana santunan ini dapat meringankan beban dari keluarga yang tengah ber­duka. “Dana itu bisa untuk pemakamannya, ambulan maupun yang menyangkut terkait proses penye­lengga­raan jenazah,” katanya.

Ia kembali mengi­ngat­kan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan dana tersebut cukup dengan me­lampirkan KTP Kota Pa­dang, KK (Kartu Keluarga) dan surat keterangan dari kelurahan setempat ditam­bah dengan surat ketera­ngan miskin.

“Awal tahun lalu semua masyarakat bisa dapat, baik dia kaya atau miskin. Ter­penting, KTP-nya harus Kota Padang. Tetapi setelah direvisi maka harus miskin dengan melampirkan surat keterangan miskin,” tutur­nya. (h/ows)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 22:49:37 WIB

    Sampai Juni, Ada 80 Permohonan Santunan Kematian di Padang

    Sampai Juni, Ada 80 Permohonan Santunan Kematian di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sampai dengan pertengahan Juni 2019 ini, Bagian Kesra Kota Padang mencatat kurang lebih ada 80 permohonan yang masuk ke pihaknya untuk mendapatkan santunan kematian..
  • Senin, 27 Juni 2016 - 05:46:24 WIB

    Masjid Jamik Pauh Serahkan Santunan Rp52,1Juta

    Masjid Jamik Pauh Serahkan Santunan Rp52,1Juta PADANG, HALUAN—Masjid Jamiek Pauh Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang memberikan san­tunan anak yatim dan kaum duafa dengan total Rp 52,1 juta. Santunan tersebut diberikan dalam rangkaian buka bersama dan sekaligu.
  • Kamis, 17 Maret 2016 - 04:23:17 WIB

    Pemohon Santunan Kematian Menurun

    PADANG, HALUAN— Semenjak Januari hingga Maret 2016 ini, jumlah pemohon santunan kematian sebanyak 30 orang, sedangkan dana yang dicairkan sebanyak 29 pemohon..
  • Jumat, 11 Maret 2016 - 03:46:30 WIB

    Basko Hotel Berikan Santunan ke Panti Asuhan

    Basko Hotel Berikan  Santunan ke Panti Asuhan PADANG, HALUAN — Pre­mier Basko Hotel dalam age­n­da ru­tin­n­ya menyantuni panti asuhan di Kota Padang, seperti kun­jung­an ke Panti Asuhan Khusus Mentawai, di kawasan Purus, Kamis (10/3) siang. Kunjungan tersebut.
  • Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:59:35 WIB
    Persyaratan Ditambah

    Santunan Kematian Minim Peminat

    PADANG, HALUAN—Jika pada tahun 2014 peminat santunan kematian mencapai seribu lebih, pada 2015 jumlahnya jauh berkurang menjadi hanya 93 pemohon. Sementara itu selama Januari 2016 tercatat hanya 11 pemohon. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]