Kabut Asap Kembali Pekat di Pekanbaru


Ahad, 18 Oktober 2015 - 19:41:48 WIB

Terkait kondisi itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, yang dikonfirmasi Minggu siang kemarin mengatakan, dari pantauan Satelit Terra Aqua, Pulau Sumatera dikepung 1.085 titik api.

Dari jumlah itu, sebanyak 57 titik berada di Riau. Angka ini juga mengalami kenaikan dibanding akhir pekan lalu. Ketika itu, titik api di Riau masih berjumlah 22 titik. Disebutkannya titik api terbanyak masih di Sumsel dengan jumlah 871 titik. Lainnya di Jambi 108, Kepri 10, Lampung 39. Begitu juga ratusan titik api terpantau di Kalimantan.  “Hotspot di Sumatera dan Kalimantan fluktuatif jumlahnya. Wilayah yang terbakar pun meluas hingga Kalimantan Timur,”  terangnya.

Kondisi serupa juga dibenarkan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bengkalis, Arman AA. Selain Kota Bengkalis, kabut asap tebal juga terjadi di Kecamatan Mandau, Pinggir, Bukitbatu dan Siak Kecil, Bengkalis dan Bantan. Bahkan di kota Duri dan sekitarnya, kualitas udara mulai masuk kategori berbahaya berdasarkan pencatatan di Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

“Kabut asap yang terjadi merupakan kiriman dari provinsi tetangga, yaitu Jambi dan Sumatera Selatan, sama seperti sebelumnya. Karena sampai sekarang berdasarkan kordinasi kita dengan BPBD Damkar Kabupaten Bengkalis, nyaris tidak ditemukan titik api diseluruh wilayah Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.

Tak jauh beda, kondisi serupa juga diungkapkan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geo­fisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin. Menu­rutnya, akibat kabut asap yang terus bertambah pekat, jarak pandang berkisar 50 hingga 800 meter pada Minggu petang. “Kabut asap cukup tebal terpantau di Kota Rengat Kabupaten Indragiri Hulu yang me­nyebabkan jarak pandang berkisar 50 meter,” terangnya.

Selain di Rengat, kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan tersebut juga terpantau di Pekanbaru, Pelalawan dan Kota Dumai. Di Pekanbaru jarak pandang terpantau hanya 800 meter, Pelalawan hanya 250 meter sementara di Dumai terpantau 2.000 meter. (hr/bbs/ant/grc/ara/sis/ ral)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 21 September 2019 - 21:30:09 WIB

    Baru Melaju 20 Km, Etape III Tour de Siak Dibatalkan Karena Kabut Asap

    Baru Melaju 20 Km, Etape III Tour de Siak Dibatalkan Karena Kabut Asap SIAK, HARIANHALUAN.COM - Bendera merah terpaksa dikibarkan di etape III Tour de Siak, sebagai simbol pelombaan dibatalkan. Padahal seluruh pebalap sempat mengambil start dan melaju sampai di 20 km.Etape ketiga menempuh rute S.
  • Senin, 16 September 2019 - 21:33:52 WIB

    Berkunjung ke Riau, Presiden Jokowi Disambut Pekatnya  Kabut Asap 

    Berkunjung ke Riau, Presiden Jokowi Disambut Pekatnya  Kabut Asap  PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Di tengah kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang cukup pekat, Pesawat Kepresidenan yang membawa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendarat  di Bandara Sultan SyarifKasim II, Kota Pekanbaru, pada.
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 02:11:16 WIB
    JARAK PANDANG TERBATAS

    Kabut Asap Kian Memburuk

    Kabut Asap Kian Memburuk PEKANBARU, Haluan — Sejak sepekan ini Provinsi Riau masih menjadi penyumbang hotspot atau titik panas di Sumatera. Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat ada 61 hotspot di Riau..
  • Kamis, 17 September 2015 - 19:32:32 WIB

    Presiden Jokowi Akan ke Riau Tinjau Kabut Asap

    TERSANGKA BAKAR HUTAN DITANGKAP

    PEKANBARU, HALUAN — Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi Riau untuk melihat kondisi kabut asap, yang hingga kini belum juga menghilang. Menurut inform.

  • Rabu, 02 September 2015 - 19:01:09 WIB

    Akibat Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

    NONGSA, HALUAN — Akibat kabut asap asal Jambi dan Palembang, kembali sejumlah penerbangan dari Sumatera menuju Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan sebaliknya, Rabu (2/9) pagi dibatalkan.

    Hari ini (kemarin,.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]