Orang Rimba Nekat Ngungsi ke Riau


Senin, 19 Oktober 2015 - 19:14:08 WIB

Kehadiran masyarakat dari suku terasing ini, tentu saja menarik perhatian. Mes­­ki sama-sama mengen­darai sepeda motor, namun cara mereka berkendara sangat jauh berbeda dengan masyarakat Kota Bertuah lainnya.

Pemandangan itu tam­pak di persimpangan Jalan Tuanku Tambusai-Sudir­man, sore kemarin. Sejum­lah pengendara sepeda mo­tor yang berboncengan ra­mai-ramai, tampak ke­bi­ngungan. Meski mengen­darai sepeda motor, tidak ada yang mengenakan helm. Penumpangnya juga bera­gam. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak ayal, begitu melin­tas di depan pos polisi, rom­bo­ngan aneh itu lang­sung di­hen­tikan petugas Satlantas Polresta Pekan­baru.

“Ketika itu mereka se­dang berhenti di lampu merah. Karena tak me­nge­nakan kelengkapan seperti lazimnya, anggota bernama Brigadir Abus memanggil mereka,” tutur Kasatlantas Polresta Pekanbaru, Kom­pol Zulanda.

Untunglah, mereka pa­ham Bahasa Indonesia. Ke­pada petugas, mereka me­ngaku berasal dari Suku Kubu di pedalaman Muara Jambi. Kepada petugas, mereka mengaku kebi­ngu­ngan tidak tahu arah jalan ke kampung mereka. Mereka juga mengaku pergi dari kampung, karena tak tahan asap. Tak ingin terjadi apa-apa, petugas Satlantas me­nga­rahkan mereka sesuai tujuan. Mereka juga tak dikenakan sanksi tilang. “Ya, bagaimana mau diti­lang, mereka tidak tahu apa-apa. Malahan mereka keha­bisan stok logistik. Justru yang seperti ini wajib kita bantu. Petugas berpesan agar mereka hati-hati di jalan dan waspada. Kita arahkan sesuai jalur yang tepat menu­ju Jambi,” ujarnya lagi. (hr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 15:11:49 WIB

    Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya

    Hingga Juni, 11.740 Orang Wisatawan Berkunjung ke Dharmasraya HARIANHALUAN.COM - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kabupaten Dharmasraya, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu periode Januari hingga Juni 2020 mencapai angka 11.740 orang. .
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 10:05:50 WIB

    Mengapa Banyak Orang Bali Namanya Made, Kadek, dan Wayan?

    Mengapa Banyak Orang Bali Namanya Made, Kadek, dan Wayan? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kalau kamu main ke Bali pasti sering menemukan orang yang namanya sama, misalnya Wayan atau Made. Apa ya makna pada nama-nama itu?.
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:02:23 WIB

    Warga Dompak Diperlakukan Seperti Orang Asing

    Warga Dompak Diperlakukan Seperti Orang Asing TANJUNGPINANG, Haluan — Belasan warga pulau Dompak mendatangi kantor Gubernur Kepri di pulau Dompak Tanjungpinang, Senin (19/12) siang. Mereka ingin bertemu Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan meminta kejelasan mengenai jan.
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 03:45:48 WIB
    BASKO JAMU KELUARGA BESAR IKLA

    Bachtiar: Harus Bangga Jadi Orang Minang

    Bachtiar: Harus Bangga Jadi Orang Minang PEKANBARU, HALUAN — Tokoh nasional asal Minang, H Bachtiar Chamsyah, mengata­kan se­bagai orang Minang kita ja­ngan malu, tapi kita harus bang­ga. Sebab, sejarah telah mem­buktikan bahwa banyak pahla­wan dan tokoh in.
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 03:40:16 WIB

    Pasca Kedatangan Wapres JK, Banyak Orang Penasaran dengan Siak

    SIAK, HALUAN — Pasca kedatangan orang nomor dua di Indonesia yaitu Wakil Presiden Muhamad Jusuf Kalla, saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional, Jumat (23/6) lalu, membuat nama Siak makin dikenal dan juga membuat sej.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]