33 Ribu Bibit Ikan Ditebar di Perairan Umum


Senin, 19 Oktober 2015 - 19:15:50 WIB
33 Ribu Bibit Ikan Ditebar di Perairan Umum

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Sawahlunto Hilmet kepada Haluan me­nye­butkan, penebaran bibit ikan itu dilakukan oleh dua kelompok Pokmaswas diba­wah binaan pihaknya, me­man­faatkan bantuan dari Provinsi Sumbar sebanyak 21.500 ekor ikan jenis nila, garing dan ikan mas.

Baca Juga : Sekolah jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Sumbar

Selain itu juga ditambah dengan bibit ikan dari Pem­ko Sawahlunto sendiri yang berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) Muarokalaban sebanyak 12 ribu ekor.

Ia menyebutkan, apa yang dilakukan itu diharap­kan dapat menjaga keles­tarian ekosistem ikan di perairan umum yang ada Sawahlunto. Serta sebagai upaya meningkatkan pere­konomian masyarakat lokal di bidang perikanan.

Baca Juga : Kendalikan Banjir Sungai Batang Lembang Solok, Pemprov Butuh Bebaskan 2,5 Hektare Lahan

Pihaknya juga berupaya memasyarakatkan kembali pembesaran ikan untuk di­kon­sumsi, serta mengu­pa­ya­kan menggali potensi wisata melalui olahraga memancing serta kegiatan lainnya.

“Kita berharap peneba­ran bibit ikan itu, selain menjaga ekosistim perairan umum, juga bisa memenuhi target produksi ikan, dima­na untuk tahun 2015 Sawah­lunto menargetkan produksi ikan lokal sebanyak 135 ton,” katanya.

Baca Juga : Pemkab Padang Pariaman Raih Nilai SAKIP B

Untuk kegiatan pene­baran bibit ikan di perairan umum itu, akan terus dila­ku­kan, bahkan pihaknya terang Hilmet, tengah me­ngu­payakan pengembangan jenis bibit lainnya, seperti lele.

Nantinya tidak saja dipe­rairan umum, benih benih tersebut akan disebar pada kolam kolam masyarakat secara gratis.

Baca Juga : Pasa Pabukoan Masjid Tablighiyah Garegeh, Bangkitkan Gairah Ekonomi Masyarakat

Sementara itu Kabid Peternakan dan Perikan Dispertahut Sawahlunto Heri Sutrisno mengatakan, sebelumnya pihaknya me­nargetkan akan menebar 150 ribu bibit ikan nila dan 50 ribu bibit ikan lele kepa­da masyarakat disepanjang tahun 2015 ini, sebagai bentuk strategi dalam me­ning­katkan produksi ikan sektor perairan darat.

Selain bibit katanya, Pem­­ko Sawahlunto juga me­lakukan perbaikan ter­hadap kolam milik kelom­pok ma­syarakat petambak yang ter­sebar di empat keca­matan, sehingga memenuhi standar kelayakan sebagai kolam budidaya ikan.” Ta­hun ini kita telah mela­kukan perbaikan lima ko­lam ma­sya­rakat, me­man­faatkan Dana Alokasi Khu­sus (DAK) dan Silpa DAK ta­hun 2014 dari ke­mentrian ter­kait,” ung­kap­nya. (h/mg-rki)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]