Upaya Mediasi Temui Jalan Buntu


Senin, 19 Oktober 2015 - 19:16:16 WIB
Upaya Mediasi Temui Jalan Buntu

Pertemuan yang dilaksakan di ruang pelangi Arosuka, Selasa (13/10) yang hakikatnya sebagai mediasi itu, juga dihadiri oleh Kapolres Solok Kota, AKBP Tommy Bambang Irawan, Kepala Dinas Pertambangan, Indra Merdi, Kepala Dinas PU, Fathol Bahri, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo, Dedi Permana, Kasat Pol PP, Raflis, Camat Junjung Sirih, Herman, Camat X Koto Singkarak, Irwan Efendi, Wali Nagari Junjung Sirih, Walinagari Muaro Pingai, Walinagari Saning Baka dan para pelaku usaha pemegang izin tambang galian C di Kecamatan Junjung Sirih.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan PCNU Pasaman, Ini Pesan Bupati Benny Utama

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, per­tikaian antara warga Saniang Baka dengan peru­sahaan tambang galian C di Kecamatan junjung Si­rih, dipicu oleh gangguan lingkungan akibat mo­bilitas ratusan truk dari dan ke Muaro Pingai via Sa­niang Bakar. Akibatnya, warga Nagari Saning Ba­ka pada Kamis, tanggal 10 September lalu turun ke ja­lan guna menutup akses truk menuju nagari Paninggahan.

Menindaklanjuti persoalan inilah Bupati Solok membawa masalah tersebut ke Arosuka. Dengan harapan mencairkan kebuntuan komunikasi antara masyarakat dan pengusaha, Devi Kurnia me­nekankan pentingnya musyawarah agar semua persoalan dapat selesai dengan kata sekapat.

Baca Juga : PCNU Pasaman Periode 2020-2025 Dilantik, Sederet Tugas Berat Menanti

Namun lantaran utusan dari pihak nagari Saniang Baka hanya tidak lengkap hadir dalam pertemuan itu, kecuali dihadiri Sekretaris Nagari dalam kapasitasnya sebagai wali nagari, Rusmadi, membuat musyawarah tanpa menghasilkan solusi yang berarti. “ Wali Nagari Saniang Baka sedang berada di Jakarta. Sementara dari unsur BMN dan KAN juga tidak lengkap, sehingga rapat kemarin belum menghasilkan apa-apa,” papar Camat Singkarak Irwan Effendi menjawab Haluan`di tempat terpisah.

Irwan menyebutkan, padahal rapat berlangsung alot dan kontruktif. Bagi masyarakat yang penting kondisi jalan di nagari tersebut diperbaiki. Tetapi lantaran khawatir hasilnya tidak maksimal, Bupati berjanji akan menuntaskan persoalan ini pada pertemuan dengan ke empat nagari (Saniangbaka, Sumani, Muaro Pingai dan Paninggahan), yang dijadwalkan akan diagendakan kembali.

Baca Juga : BPBD Kota Pariaman Terima Bantuan Logistik Bencana dari BNPB Pusat

Irwan Efendi menyebutkan, diantara solusi yang muncul, adalah soal kesediaan pengusaha CV. Tanakay menyiapkan dana perbaikan jalan sebanyak Rp 1 Miliar. Melalui juru bicaranya Peri Anton, perusahaan sanggup memperbaiki jalan dari depan mesjid Saningbaka sampai ke kantor camat Junjung Sirih di Paninggahan. Tetapi dari perkiraan Dinas PU, biaya untuk perbaikan ruas jalan tersebut hampir mencapai Rp 2 miliar agar tidak lagi melakukan tambal sulam.

Solusi kedua yang disampaikan pengusaha tambang, pihaknya menanggung semua biaya perbaikn jalan, tetapi dengan catatan Dinas PU meminjamkan alat berat jenis gledor.” Tetapi karena ketidaklengkapan unsur yang mewakili nagari Saniangbaka, dikhawatirkan solusi itu mentah lagi. Sehingga Bupati menyarankan hadir seluruh pemangku kepentingan dalam nagari, baru disepakati jalan keluarnya, “ sebut Irwan.

Baca Juga : Dihadiri Forkopimda, Lapangan Tembak Sarja Arya Racana Dharmasraya Diresmikan

Dalam pertemuan itu, Bupati Devi Kurnia mengharapkan pertemuan tersebut mampu mencari solusi dan mencapai kesepakatan kedua belah pihak, tanpa ada yang merasa dirugikan. Pertemuan itu sendiri sudah yang ketiga kalinya dilakukan. Karena itu, Bupati meminta agar menepiskan ketegangan-ketegangan yang akan dapat merugikan semua. “Mari kita secara bersama-sama mecari solusi yang baik dalam menyelesaikan permasalahan ini tanpa merugikan kedua belah pihak,” ucapnya.

Pihaknya berharap agar diselesaikan dengan kepala dingin , sehingga musyawarah yang dilakukan menemukan kesepahaman. “ Saya berharap, melalui upaya mediasi ini, akan ada jalan keluar atas persoalan aktivitas galian C di Junjung Sirih, tetapi menimbulkan akibat di nagari Saning Baka. Karena itu, pasti ada jalan keluar yang terbaik, “ tutur Devi Kurnia. (h/ndi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]