Pemilik Toko dan PKL Wajib Sediakan Tong Sampah


Senin, 19 Oktober 2015 - 19:28:00 WIB

Ia berharap, Jika Pemko Padang benar-benar ingin mewujudkan Padang bersih harus dilengkapi dengan sarana dan prasarana.

Sementara itu Walikota Padang Mahyeldi Dt Marajo mengeluhkan sampah ma­sih bertebaran di sejumlah titik di Pasar Raya Padang itu. Sampah-sampah ini ditengarai bekas milik Pe­dagang Kaki Lima (PKL) dan pemilik toko yang nam­paknya sengaja ditinggal usai menggalas.

Bertebarannya sampah di sekitar Pasar Raya Pa­dang ditemukan Walikota Padang saat berkunjung ke Pasar Raya Padang, Senin (19/10).

Saat menyusuri Jalan Permindo, walikota men­dapati tumpukan sampah di depan salah satu toko. Be­gitu juga di sisi lapak-lapak PKL, sampah terlihat ber­tebaran.

Seketika itu juga wa­likota menginstruksikan kepada Camat Padang Barat untuk segera berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) serta lurah untuk kembali mengingatkan toko-toko yang belum menyediakan tempat sampah atau karung pembungkus sampah.

Walikota juga mene­kankan supaya setiap pe­milik toko bertanggung jawab atas kebersihan di toko dan lingkungan sekitar­nya masing-masing.

Walikota mengin­struk­sikan Kepala DKP untuk mengecek personel yang bertugas di tempat tersebut. Apakah sudah bertugas de­ngan baik atau belum. Jika belum, petugas diarahkan untuk segera membersihkan sampah tersebut.

Tak lama kemudian, per­­sonel DKP beserta truk sampah datang. Petugas dan walikota ikut mem­ber­sih­kan sampah yang berse­rakan untuk kemudian di­angkut ke atas truk sampah.

Seperti diketahui, ter­hitung sejak 1 Oktober 2015, Peraturan Daerah (Per­da) Kota Padang No­mor 21 tahun 2012 yang mengatur tentang penge­lolaan sampah resmi ber­laku untuk seluruh Kota Padang.

Dengan berlakunya Per­da ini di seluruh Kota Pa­dang, maka siapapun yang kedapatan membuang sam­pah sembarangan akan dike­nakan hukuman tindak pi­da­na ringan berupa kuru­ngan 3 bulan atau denda Rp 5 juta.

Sebelumnya, seperti di­ketahui Perda ini hanya berlaku di 10 kawasan di Kota Padang, termasuk 3 lokasi wisata yaitu Pantai Air Manis, Pantai Padang dan Pantai Pasir Jambak.

Selain itu, dengan ins­truksi Walikota Padang nomor 660/12.76/PK2L-BPDL/2015 yang dike­luar­kan 10 September lalu, setiap camat dan lurah juga ikut bertanggung jawab de­ngan kebersihan di wilayah­nya masing-masing.

Camat dan lurah nan­tinya bisa menunjuk petugas yang mengawasi masyarakat yang mem­buang sampah sembarangan dan meng­ambil tindakan dengan me­minta KTP/iden­titas yang bersangkutan u­n­tuk dipro­ses secara hukum atau tipi­ring sesuai perda tersebut.

Selain itu dalam Perda tersebut, warga juga diha­rapkan tertib dalam mem­buang sampah ke kontainer atau bak sampah, yaitu hanya pada pukul 17.00 WIB hingga 05.00 WIB.(h/ows)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]