Lima Nagari Terancam Masuk Laut


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:05:18 WIB
Lima Nagari Terancam Masuk Laut

Salah seorang  warga Punggasan Anto 36 menyebutkan,kerusakan bibir pantai akibat abrasi di daerah ini  sudah  sering ditinjau oleh pemerintah daerah dan pusat, bahkan  wacana pemerintah akan membangun  pemasangan batu  yetty pemacah ombak ( Groweing) sepanjang sekitar 10 km  sampai saat ini belum trealisasi .

Baca Juga : Gubernur Sumbar Hendaknya Segera Upayakan Pemulihan Ekonomi

Ancaman abrasi  juga terjadi di muara sungai  Punggasan kecamatan Linggo Saribaganti, pintu muara  berpindah pindah, kondisi ini mengancam warga yang ber mukim dekat dengan daerah pingiran sungai,pengamanan muara dengan batu beronjong telah dilaksanakan oleh Pemda Pessel , namun hasilnya  tidak memadai, pasalnya air sungai kembali kepada posisi alur sungai lama, upaya untuk mengatasinya,  masyarakat telah melakukan swadaya  melalui goro, namun tetap  tidak membuahkan hasil akibat  muara sungai bergeser- geser .

Kepala Dinas PSDA Pessel  Yusdi Ali Umar  membenarkan, ke lima daerah tersebut terkena dampak abrasi  perlu penangananya secara serius, sedangkan  untuk pembangunan pengamanan pantai dari abrasi jelas memerlukan dana yang cukup besar  dan tidak sanggup dilak­sanakan dengan APBD Pessel, maka Pemda Pessel telah   mengusulkan kepada pemerintah  pusat agar   kendala masya­rakat tersebut dapat teratasi. (h/mjn)

Baca Juga : Ribuan Nakes di Sumbar Belum Divaksin

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 21:42:28 WIB

    Gubernur Sumbar Hendaknya Segera Upayakan Pemulihan Ekonomi

    Gubernur Sumbar Hendaknya Segera Upayakan Pemulihan Ekonomi Pasangan Kepala Daerah Sumbar periode 2021-2024 H. Mahyeldi Anshrullah SP – Audy Joinaldy S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng diharapkan segera melakukan upaya pemulihan ekonomi Sumatera Barat. Kepemimpinan Mahyeldi harus lebih.
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 21:19:09 WIB

    Ribuan Nakes di Sumbar Belum Divaksin

    Ribuan Nakes di Sumbar Belum Divaksin Dari 32.391 tenaga kesehatan (Nakes) yang masuk daftar mendapat vaksin Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar), saat ini baru 25 ribu yang telah mendapat suntikan. Persentase vaksinasi baru mencapai 79 persen..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 19:56:01 WIB

    Waspada Angin Kencang 30 Knot Sampai Besok, dari Perairan Mentawai hingga Bengkulu

    Waspada Angin Kencang 30 Knot Sampai Besok, dari Perairan Mentawai hingga Bengkulu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Sumatera Barat (Sumbar). Berlaku Jumat (26/2/2021) sampai Sabtu (27/2/2021), diperkirakan ada angin kenca.
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 19:51:54 WIB

    Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM

    Bhabinkamtibmas Sawahlunto Turut Dorong Perkembangan UMKM Tidak hanya masalah keamanan dan ketertiban, sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga menjadi perhatian khusus jajaran kepolisian. Pandemi Covid-19 berpengaruh kepada banyak kesejahteraan dan pendapatan warga..
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 19:40:56 WIB

    Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi

    Leonardy Datang Berkunjung, Warga Sikucua Barat Keluhkan Akses Layanan Komunikasi Anggota Komite I DPD RI, H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH datang berkunjung ke Nagari Sikucua Barat. Di sana ia mengajak warga berdialog membahas mengenai penanganan nagari dan diskusi lainnya..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]