Rehabilitasi Jaringan Irigasi Antisipasi Banjir Terus Dipacu


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:07:29 WIB

“Jaringan irigasi itu di­ha­rapkan mampu menam­pung debit air yang tinggi di musim hujan ketika me­ngalir ke jaringan irigasi tersebut. Sebelumnya, dika­wasan itu sering ditimpa banjir saat hujan lebat turun. Dengan jaringan irigasi yang baru, kawasan itu akan ter­bebas dari banjir,” ungkap Kabid PSDA Dinas PU Payakumbuh, Muslim yang dihubungi beberapa hari yang lalu.

Menurut dia, re­ha­bili­tassi jaringan irigasi yang tersebar di sejumlah ke­lurahan di Kota Paya­kum­buh, pembiayaannya berasal dari APBN, APBD Propinsi Sumbar, maupun APBD Kota Payakumbuh. Se­hing­ga kawasan yang semula ditimpa banjir, diyakini akan terbebas dari banjir kiriman bila jaringan irigasi tersebut sudah difungsikan nanti.

Pelaksana CV Sungai Badak, Munasril yang me­ngerjakan  rehabilitasi ja­ringan irigasi batang Pu­lau di perbatasan Peram­bahan itu, yang ditemui secara terpisah mengatakan, rea­lisasi pekerjaan hampir mencapai 60 persen. Lebar bangunan atas mencapai 8,2 meter dan didasar sungai mencapai 4 meter.

“Kami sebagai pelak­sana pekerjaan proyek pem­bangunan rehabilitasi jar­ingan irigasi, optimis pe­nger­jaannya akan rampung tepat waktu sesuai kontrak. Sehingga dapat difungsikan untuk menampung debit air kiriman dan me­ngalir­kan­nya ke jaringan irigasi ba­tang pulau,”ujarnya.

Kepala Dinas PU Pay­a­kumbuh, Marta Minanda menyebut, pembangunan maupun rehabilitasi ja­ri­ngan irigasi ini, selain secara langsung dapat men­dukung ketahanan pa­ngan, juga mam­pu me­nyerap tenaga kerja. Sebab dalam mem­perbaiki sa­luran irigasi, masih banyak pekerjaan yang harus di­la­ku­kan de­ngan tangan manusia.

Kegiatan lain yang juga menjadi prioritas yang di­mulai tahun ini adalah pem­­bangunan embung Bu­lakan di Limbukan Payakumbuh Barat yang sedang ber­lang­sung pengerjaannya. Keber­adaan embung itu, selain akan mampu menyediakan air baku juga untuk pengai­ran sawah dan berfungsi sebagai lokasi objek wisata. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Maret 2019 - 11:42:12 WIB

    Rehabilitasi Total Maninjau Menunggu LIPI

    Rehabilitasi Total Maninjau Menunggu LIPI PADANG, HARIANHALUAN.COM—Implementasi atas wacana rehabilitasi Danau Maninjau masih mengawang dan masih harus menunggu. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) hingga saat ini masih menanti hasil penel.
  • Jumat, 29 Juli 2016 - 11:01:06 WIB

    BNNP Sumbar Laksanakan Layanan Rehabilitasi

    PADANG, HALUAN — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat melaksanakan program layanan pascarehabilitasi di Rumah Sakit Bhayangkara di Jalan Jati, Kecamatan Padang Utara, Kamis (28/7) meru­pa­kan salah sa.
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 16:10:58 WIB

    Kompol Daeng Rahman Bantah Tersangka Narkoba Karyawan Bank Nagari Direhabilitasi

    Kompol Daeng Rahman Bantah Tersangka Narkoba Karyawan Bank Nagari Direhabilitasi PADANG, HALUAN - Kepala Satuan Reserse (Kasat Res) Narkoba Polresta Padang, Kompol Daeng Rahman membantah adanya isu yang mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan solusi kepada Fandi Suryandi (32), warga Jalan Wisma .
  • Selasa, 05 Januari 2016 - 03:27:34 WIB

    Pemko Payakumbuh Dukung Rehabilitasi Jalur Kereta Api

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Pemerintah Kota Payakumbuh mendukung rencana Kementerian Perhunungan (Kemenhub) untuk merehabilitasi jalur kereta api ke daerah itu..
  • Rabu, 17 Juni 2015 - 18:05:59 WIB

    Bukittinggi Miliki Rumah Rehabilitasi Narkotika

    BUKITTINGGI, HALUAN — Upaya Pemko Bukittinggi untuk memiliki rumah rehabilitasi pecandu narkotika di Bukittinggi terwujud. Hal ini seiring dengan diresmikannya tempat rehabilitasi bagi para pecandu narkotika, yakni Rumah.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]