KPU Harapkan Debat Publik Dongkrak Partisipasi Pemilih


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:09:22 WIB

“Dalam debat publik itu KPU akan mengangkat per­soalan lokal yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan mengangkat persoalan lokal kemudian dibahas secara mendalam dengan melibatkan para pakar  atau ahli di bidang­nya,maka diharapkan akan da­pat memancing rasa ingin tahu masyarakat terhadap kualitas calon pemimpinnya,” kata Budi Santosa di Solok,Selasa (20/10).

Dikatakan Budi, minimnya gairah masyarakat untuk memi­lih selama ini karena masya­rakat memandang tidak ada manfaat dari pemilihan itu sendiri. Sebesar dan segencar apapun kegiatan sosialisasi yang dilakukan,jika masyarakat ter­lan­jur memandang sebuah pe­mi­li­han itu tak berman­faat, maka partisipasi pemilih akan tetap rendah.

Untuk itu,dengan memba­has persoalan mendasar yang menyentuh kepentingan masya­rakat banyak, maka diharapkan dapat memancing keingin­ta­huan masyarakat terhadap de­rah­nya serta persoalan yang sedang menimpa daerahnya. Dengan mengetahui daerah dengan segala persoalannya, mereka secara bersama akan mencari jalan penyelesaiannya dan mencari orang yang pas untuk mengeksekusinya.

Dengan mengetahui orang yang pas, yang diyakini mam­pu menyesaikan persoalan, kata Budi, masyarakat akan merasa memiliki tanggung jawab untuk memberikan pili­han. Mereka akan termotivasi untuk mem­per­juangkan calon­nya itu. Dan merasa rugi kalau calon yang ia perjuangkan itu tak menang.

Debat publik itu sendiri, kata Budi, akan digelar sebanyak 3 kali yang dimulai dengan debat antar calon wakil walikota tanggal 14 November 2015. Kemudian  debat antar calon walikota pada tanggal 21 No­vember 2015 dan debat penu­tupan antar calon walikota dan wakil walikota pada tanggal 28 November 2015 mendatang.

KPU Kota Solok akan meli­batkan tim ahli atau pakar untuk mendampingi pelaksanaan de­bat publik tersebut. Beberapa nama yang sudah dikantongi KPU dan telah dilakukan penja­jakan, diantaranya dari unsur akademisi yakni Sanusi Ibrahim yang merupakan Dosen FMIPA Unand, Asrinaldi yang meru­pakan Dosen Fisip Unand, Eka Vidya Putra, dosen Sospol FIS UNP, kemudian dari tokoh masyarakat Yohanes Dahlan yang juga mantan Sekda Kota Solok dan juga dari praktisi pemilu yakni Ardyan.

Masing-masing paslon ber­hak menghadirkan masa pendu­kung sebanyak 200 orang dan diperkenankan mengenakan atribut kampanye yang dite­tapkan seperti baju kampanye, pin atau lencana dan bendera kecil. Ditambahkan Budi, KPU Kota Solok akan mempe­risap­kan media untuk mengekspos kegiatan ini secara langsung maupun tidak langsung.

“Kita sudah siapkan bebe­rapa media elektronik yakni dari radio Fanesa FM, Citra FM dan lainnya sedangkan media tele­visi kita siapkan dari TVRI Padang, TV One, Metro TV dan stasiun televisi swasta lainnya,” kata Budi Santosa. (h/eri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 September 2020 - 18:36:21 WIB

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS

    Hari Ini, KPU Mentawai Launching Pengumuman DPS HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini, Sabtu, (19/09) melaunching pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) bertempat di Aula Hotel Jelita, Jalan Raya Tuapejat Km 0, Keca.
  • Sabtu, 19 September 2020 - 14:52:22 WIB

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan

    Staf KPU Dharmasraya Dikabarkan Positif Covid-19, Uji Publik DPS Dibatalkan HARIANHALUAN.COM - Dikabarkan salah seorang staffnya positif terpapar virus Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, membatalkan mendadak kegiatan Launching Daftar Pemilihan Sementara (DPS).
  • Jumat, 18 September 2020 - 15:33:06 WIB

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media

    Tangkal Berita Hoax, KPU Mentawai Rangkul Media HARIANHALUAN.COM - Uapaya menangkal berita hoax di sosial media menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai merangkul media baik me.
  • Ahad, 13 September 2020 - 09:49:05 WIB

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi 

    KPU Buka Rekrutmen Relawan Demokrasi  HARIANHALUAN.COM - Bantu kelancaran pemilihan serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, membuka pendaftaran atau rekrutmen anggota relawan demokrasi (Relasi)..
  • Jumat, 04 September 2020 - 13:50:49 WIB

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi

    Tak Patuhi Putusan Pengadilan, Fauzan Haviz Layangkan Surat Peringatan Kedua Ke KPU Bukittinggi HARIANHALUAN.COM - Tidak mengindahkan surat peringatan pertama, akhirnya Fauzan Haviz melayangkan surat peringatan kedua kepada KPU Bukittinggi terkait dengan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Padang No. 108/Pdt.G/2018.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]