Syaherdam dan Irdinansyah Akan Bersaing Ketat


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:09:44 WIB

Disebutkan, salah satu calon yaitu calon nomor tiga Syaherdam - Sultani memiliki keunggulan karena faktor partainya.

“Nomor tiga ini mereka punya basis suara, kader-kader fanatik dimilikinya yang dise­bab­kan banyaknya  kader PKS. Sementara nomor urut satu yaitu Irdinansyah Tarmizi -Zuldafri Darma, sangat dipengaruhi oleh faktor incumbent dari keduanya. Irdinansyah pernah menjabat sebagai wabup selama 16 bulan dan Zuldafri Darma menjabat Ketua DPRD Tanah Datar dua periode. Antara dua pasangan calon ini akan bersaing ketat,” sebut Irwan.

Pada pilkada tahun ini, ia menilai masya­rakat tidak terlalu antusias dan bahkan Irwan berani memprediksi partisipasi pemilih pada 9 Desember nanti tidak akan lebih dari 65 persen. Hal ini disebabkan karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap pilkada.

Ia mengatakan, apa yang dilakukan calon sekitar 1,5 bulan masa kampanye ini, belum dirasakan masyarakat. Hal ini disebabkan calon masih menahan serangannya dan lebih memilih menggunakan di detik-detik peng­habisan. Ditambah lagi belum ada kampanye terbuka, sehingga masyarakat tidak menyadari ada pilkada.

“Saat ini baru sebatas pemasangan baliho dan stiker-stiker yang terpajang, sementara visi misi para calon masyarakat belum tahu. Kemudian teknis KPU saya lihat, dalam bedah visi misi calon, KPU hanya meminta masukan dan pertanyaan dari akademisi, tokoh pemuda, dan tokoh agama. Orang yang betul-betul langsung menguasai masalah seperti akademisi, mereka belum tentu akan hadir. KPU melakukan hanya melalui moderator saja, ini saya ketahui dari tim perumus pertanyaan yaitu Ketua MUI, BAZ dan dosen UNP, Unand, dan dosen STAIN Batusangkar. Dosen UNP yang ber KTP Tanah Datar tetapi banyak berdomisili di Padang tentu tidak mengetahui secara utuh,” sebut Irwan mengkritisi.

Dikatakan, dalam kampanyenya, calon bergerak dengan polanya masing-masing dan banyak  tertutup.  Nomor tiga dinilai yang lebih agresif pergerakannya, karena tim dan kaderisasinya  jelas, mereka bekerja untuk partai dan seluruh kader jadi relawan. Disamping itu, Irwan juga melihat ada pasangan yang bergerak tidak serius.

“Ini belum bisa divonis tidak serius karena mereka punya strategi dan faktor peluru mereka yang terbatas,” urainya.

Irwan juga mengharapkan KPU segera meninjau ulang dan evaluasi beberapa gambar calon yang terpasang di tempat tidak strategis. Panwas diharapkannya juga menin­dak calon yang memasang baliho di tempat tempat umum yang memang dilarang, seperti pada fasilitas pemerintah, tiang listrik dan sebagainya. (h/fma)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 26 Juli 2015 - 18:52:34 WIB

    Syaherdam-Sultani Diarak Pakai Bendi

    HARI INI MENDAFTAR KE KPU TANAH DATAR

    TANAH DATAR, HALUAN — Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Hanura, resmi mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanah Datar, Kombes Pol (Pur.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]