Pekerja Reaktor Fukushima Menderita Kanker


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:21:40 WIB

Kini, dia disebut berusia 41 tahun namun tidak di­sebut identitasnya. “Kasus ini telah memenuhi kriteria (mengkaitkan penyakit ini pada insiden nuklir),” ucap pejabat yang enggan disebut namanya ini.

“Orang ini pergi me­nemui dokter karena me­rasa tidak enak badan. Saat itulah dia didiagnosis de­ngan leukimia,” imbuhnya.

Pihak kementerian tidak mengungkapkan lebih lan­jut informasi rinci soal pe­kerja pria ini, hanya men­yebut dia bekerja di salah satu gedung yang hancur akibat gempa tahun 2011 lalu. Gedung itu menjadi lokasi salah satu reaktor nuklir yang rusak.

Pejabat kementerian ini menyebutkan, pria yang terus mengenakan pakaian dan perlengkapan pelin­dung se­lama satu tahun lebih ber­tugas di Fukushima ini, akan mendapat kom­pensasi untuk membiayai pengobatannya dan juga sebagai ganti rugi. Namun tidak disebut jumlah pastinya.

Televisi nasional Je­pa­ng, NHK menyebut se­ki­tar 45 ribu orang di­pe­kerjakan di pusat pem­bang­kit listrik tenaga nuklir di Fukushima sejak insiden terjadi pada tahun 2011 lalu sebagai bagian dari upaya pem­be­rsihan besar-besaran. Mu­­n­cul perdebatan apakah in­siden ini bisa memicu pen­yakit kanker di antara pe­kerja dan orang-orang ya­ng tinggal di sekitar lokasi.

Hingga kini, belum ada kematian yang terjadi akibat radiasi dari kebocoran nuk­lir di kawasan tersebut. Pulu­han ribu orang terpaksa me­ngungsi dan membuat ka­wasan di sekitar reaktor Fu­kushima tak ber­peng­huni, mungkin hingga be­be­rapa dekade ke depan. (h/dtc)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 September 2020 - 09:53:20 WIB

    Lagi, Maskapai Ternama PHK 2.400 Pekerja

    Lagi, Maskapai Ternama PHK 2.400 Pekerja HARIANHALUAN.COM - Industri maskapai penerbangan global kembali menjadi korban 'keganasan' pandemi virus corona (Covid-19). Singapore Airlines (SIA) Group akan memangkas sekitar 4.300 pekerja dari tiga maskapai penerbangan ya.
  • Jumat, 11 September 2020 - 06:47:04 WIB

    10 Perusahaan Ini Beri Uang Sampai Laptop Baru untuk Pekerja WFH

    10 Perusahaan Ini Beri Uang Sampai Laptop Baru untuk Pekerja WFH HARIANHALUAN.COM - Work From Home mulai jadi 'new normal' sejak pandemi Corona. Meski sudah terbiasa, bekerja dari rumah tetap bukan sesuatu yang mudah untuk sebagian orang. Misalnya saja untuk para orangtua yang harus sambil.
  • Ahad, 06 September 2020 - 08:59:36 WIB

    6 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Dunia, Tertarik Menjajalnya?

    6 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Dunia, Tertarik Menjajalnya? HARIANHALUAN.COM - Memiliki pekerjaan dengan gaji besar merupakan impian setiap orang. Pasalnya, bayaran yang tinggi bisa memenuhi kebutuhan seseorang dengan baik. .
  • Jumat, 28 Agustus 2020 - 17:03:34 WIB

    Soal Bantuan untuk Pekerja Lepas, Ini Jawaban Pemerintah RI

    Soal Bantuan untuk Pekerja Lepas, Ini Jawaban Pemerintah RI HARIANHALUAN.COM - Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yang juga Wakil Menteri (Wamen) BUMN Budi Gunadi Sadikin memberikan tanggapannya terkait kemungkinan program baru yang diperuntukan bagi pekerja lepas atau.
  • Senin, 24 Agustus 2020 - 23:13:38 WIB

    Ini Sanksi bagi Perusahaan Bila Tak Daftarkan Pekerja Penerima BLT

    Ini Sanksi bagi Perusahaan Bila Tak Daftarkan Pekerja Penerima BLT HARIANHALUAN.COM - Badan Pengelola Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) kembali mengingatkan perusahaan swasta untuk mendaftarkan pegawainya sebagai calon penerima bantuan subsidi upah senilai Rp600 ribu per bulan da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]