Penambahan Modal BUMD Disorot


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:28:07 WIB

"Sementara seperti di­ketahui bersama, tiga BUMD tersebut sudah tidak ber­dampak positif lagi bagi APBD Sumbar," tegas Juru Bicara Fraksi Hanura, Tau­fik Hidayat saat mem­ba­cakan pandangan umum fraksinya pada paripurna yang berlangsung, Selasa (20/10) kemarin.

Sekaitan dengan ini, sete­lah Ranperda tadi di­sahkan, Grafika akan men­dapat tam­bahan modal sebe­sar Rp30 miliar, Dinamika Rp12 mi­liar, dan Andalas Tuah Sakto Rp10 miliar. Masing-ma­singnya rata-rata di­tam­bah 100 persen jika dib­an­dingkan dengan mo­dal yang pernah diberi sebe­lumnya. Tak hanya tiga BUMD tadi, Bank Na­gari direncanakan juga akan men­dapat pe­nam­bahan mo­dal di 2016. Jumlah yang akan diberi terbilang cukup fantastis, yakninya Rp369 Miliar.

Karena tak menyetujui penambahan modal atas tiga BUMD yang telah di­se­but­kan tadi, Hanura meminta dilakukan evaluasi secara menyeluruh.  Sedangkan khusus untuk Bank Nagari, Hanura setuju modalnya ditambah, namun fraksi ini menilai angkanya terlalu besar, dan mesti dikurangi.

Sementara itu Fraksi Gol­­kar juga mengkiritisi penambahan modal BUMD. Golkar melalui juru bicara mereka, Afrizal me­ny­a­ran­kan, agar Bank Nagari tidak selalu menjadi beban ke­ua­ngan daerah. Sebaliknya,  Bank Nagari harus dapat menyumbang banyak deviden untuk menambah PAD.

Sekda Prov Sumbar, Ali Asmar yang  mewakili Gu­bernur untuk hadir di­pari­purnakan mengatakan, 9 BUMD yang dimiliki dae­rah ini memang perlu dieva­luasi. "Koreksi itu akan dijadikan masukan pedo­man bersama. Dal hal ini pembenahan yang diper­lukan tak hanya soal ma­na­gemen, namun juga sumber daya manusia didalamnya," ujar Ali Asmar.

Sementara itu, Dirut Bank Nagari, Suryadi Asmi mengatakan, pihaknya su­dah bekerja optimal, hal itu me­nurut dia, bisa di­buk­tikan dengan banyak peng­hargaan yang mereka ter­i­ma.  Suryadi juga me­nga­takan, Bank Na­gari sangat butuh suntikan dana dari Provinsi maupun Pemkab/Pemko. Sesuai de­ngan ren­cana kerja lima tahun ke depan (2016-2012), seti­daknya Bank Na­gari butuh Rp800 M dari Pro­vinsi saja. "Jika d­i­jum­lahkan dengan suntikan dana kabupaten/kota, maka jum­lahnya tri­liunan rupiah," tukasnya.(h/mg-len).

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 11 Mei 2020 - 13:53:57 WIB

    Hari Ini Kota Padang Nihil Penambahan Kasus Positif Covid-19

    Hari Ini Kota Padang Nihil Penambahan Kasus Positif Covid-19 Senin (11/5/2020), Kota Padang tidak ada penambahan kasus positif virus Corona atau Covid-19..
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 11:07:26 WIB

    Penambahan Trans Padang, Dishub Perlu Kordinasi dengan Organda

    Penambahan Trans Padang, Dishub Perlu Kordinasi dengan Organda PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal menyebutkan, penambahan bus Damri sebagai bus Trans Padang harus dibicarakan kembali. Pasalnya, penambahan tersebut menuai kontroversi bagi sebagian besar angku.
  • Rabu, 19 April 2017 - 19:04:28 WIB

    Penambahan PJU Pantai Padang Tunggu Penyelesaian Masalah Jalan

    Penambahan PJU Pantai Padang Tunggu Penyelesaian Masalah Jalan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Penambahan sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) atau lampu Jalan disepanjang Jalan Samudera tepatnya di Simpang Olo Ladang tidak bisa dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). .
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 16:39:21 WIB

    Penambahan Batu Grib Baru Diusulkan

    Penambahan Batu Grib Baru Diusulkan PADANG, HALUAN – Rencana Pemerintah Kota Padang untuk menambah batu grib di sepanjang pesisir pantai Kota Padang, baru akan teraliasasi pada tahun 2017 mendatang. Pasalnya, .
  • Ahad, 15 Mei 2016 - 17:00:40 WIB
    Kabar Gembira bagi Pengguna Jasa Trans Padang

    Penambahan Bus Trans Padang Segera Direalisasikan

    Penambahan Bus Trans Padang Segera Direalisasikan PADANG, HALUAN--- Ini kabar gembira bagi pengguna jasa Trans Padang. Komisi III DPRD Kota Padang mendesak Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan segera merealisasikan penambahan Bus Trans Padang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]