Dosen Pembunuh Istri Segera Disidang di PN Padang


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:29:43 WIB

"Benar, Selasa (20/10), sekitar pukul 11.00 WIB, berkas kasus pembunuhan Dewi Yulia Sartika atas nama Ilmul Khaer sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Padang oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Padang," sebut Pan­mud PN Padang, Wina, kepada Haluan.

Selanjutnya, sebut Irda Wina, dalam beberapa hari ini, PN Padang akan me­ne­tapkan hakim yang akan menangani kasus ini di­pe­r­sidangan. "Berkas ini kita naik­kan dulu ke Ketua Pe­ngadilan, dan selanjutnya Ketua PN akan menunjuk tiga hakim yang akan me­nyi­dang kasus ini. Biasanya penetapan ha­kim yang akan menyi­dangkan kasus tidak lama, kita tunggu saja, dalam beberapa hari ini akan dite­tapkan," kata Pan­mud Pi­dana Pengadilan Ne­geri Padang ini lagi.

Pelimpahan berkas ka­sus pembunuhan dari Kejari Pa­dang ke Pengadilan Ne­geri Padang ini akhirnya merubah status Ilmul Khaer dari ter­sangka menjadi ter­dakwa. Terdakwa Ilmul Khaer sen­diri didakwa de­ngan pasal berlapis yakni pasal 338, Pasal 340, Pasal 354 jo Pasal 351 ayat 3 KUHP tentang pem­bunuhan.

Sebagaimana diketahui, da­ri penyidikan polisi sebe­lumnya terkuak, motif pem­bunuhan yang dilakukan oleh oknum dosen Uni­versitas Andalas (Unand) Padang terhadap istrinya, Dwi Yulia Sartika (37) ada­lah faktor cemburu. Pa­salnya, terdakwa Ilmul Khaer kerap melihat istri pulang pagi.

Terdakwa sendiri me­ninggalkan jasad istrinya dalam mobil yang diparkir di SPBU Simpang Pelawan, Sarolangun, sejak Minggu (5/4). Pelaku diduga telah menghabisi korban bebe­rapa hari sebelumnya. Ter­dakwa dibekuk polisi sete­lah didapati sedang kesa­kitan di dalam WC SPBU. Pelaku diduga hendak bu­nuh diri dengan menenggak racun serangga. Pem­bu­nuhan ini terungkap me­nyu­sul ke­cu­rigaan petugas SPBU ter­hadap mobil jenis Suzuki Katana yang teparkir lama di dekat WC SPBU, sementara pelaku terlihat mondar-man­­dir ke­bi­ngu­ngan.

Saat itu, petugas SPBU curiga saat mobil Suzuki Katana dengan plat nomor BA 1320 AT bolak balik dan teparkir lama, sejak Minggu sore. Karena curiga, akhir­nya petugas SPBU Simpang Pela­wan, Saro­langun ter­sebut membuka paksa mobil itu. Mereka kaget karena di dalam mobil ada mayat pe­rempuan terge­letak di kursi depan kiri.

Di dalam mobil juga di­temukan barang berharga berupa sejumlah ATM, uang tunai Rp9,4 juta serta uang ringgit dan satu lembar uang rial. Polisi juga me­ne­mukan pakaian pelaku ber­lumuran darah. Pengakuan terdakwa pada penyidik Polri, usai membunuh is­tri­nya yang be­ker­ja di BRI Cabang Pa­dang, terdakwa ke­mudian sempat membawa jenazah istrinya tersebut hingga ke luar Pro­vinsi Sumatera Barat. Sidang perdana kasus pem­bunuhan ini akan digelar dalam waktu dekat, seiring penetapan ha­kim yang akan menyidang kasus ini oleh Ketua P­e­nga­dilan Negeri Padang. (h/hel)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:19:52 WIB
    LAKUKAN RISET

    Ganefri Siapkan Bonus Rp15 Juta Bagi Dosen

    Ganefri Siapkan Bonus Rp15 Juta Bagi Dosen PADANG, HALUAN —Uni­versitas Negeri Padang (UNP) menyiapkan bonus besar bagi dosen yang melakukan riset dan penelitian. Langkah ini ditawarkan UNP untuk kembali meningkatkan minat dosen menghasil riset dan penelitian yang .
  • Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:20:34 WIB

    Makalah Dosen Harus Masuk Jurnal Internasional

    Makalah Dosen Harus Masuk Jurnal Internasional PADANG, HALUAN —Rek­tor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri me­ng­harapkan setiap hasil riset, makalah, dan hasil seminar internasional yang digelar di UNP harus dipublikasikan ke dalam jurnal internasional. Lan.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:28:36 WIB
    USIA KE-29

    PNP Tingkatkan Mutu Dosen

    PNP Tingkatkan Mutu Dosen PADANG, HALUAN — Di usia 29 tahun, Politeknik Negeri Padang (PNP) ber­tekad menjadi pendidikan tinggi vokasi berdaya saing. Untuk mewujudkan lulusan yang bermutu, PNP meng­genjot mutu dosen dan tenaga kependidikan..
  • Rabu, 28 September 2016 - 02:32:19 WIB

    Dosen STTIND Temukan Pengganti Minyak Tanah

    PADANG, HALUAN — Meningkatnya harga bahan bakar minyak dunia, sangat berdampak pada kenaikan harga jual bahan bakar mi­nyak, termasuk minyak tanah di Indonesia. Tak pelak, kon­disi ini membuat masyarakat resah karena haru.
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:35:08 WIB

    Makalah Dosen IAIN IB Lolos di AICIS 2016

    Makalah Dosen IAIN IB Lolos di AICIS 2016 PADANG, HALUAN —Kar­ya ilmiah dosen dan ma­ha­siswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang dinyatakan lolos dan layak dipresentasikan sebagai makalah terbaik di hadapan tim Annual International Con­fere.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]