6 Warga Dharmasraya Tewas


Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:37:05 WIB

Informasi yang diperoleh di lokasi kejadian, mobil avanza yang dikemudikan Iwan (50) warga Jorong Ranah Pasar Abai Siat Dharmasraya itu datang dari Muaro Bungo, setelah meng­hadiri pesta perkawinan sau­daranya dengan tujuan pulang ke Abai Siat Kecamatan Koto Besar, Dharmasraya.

Malang tak dapat ditolak, terjadi kecelakaan maut antara mobil avanza dengan truk colt diesel di daerah Rantau Ikil.

Wali Nagari Abai Siat Edi Warman membenarkan bahwa se mua penumpang mobil avanza BA 1359 VN adalah warganya. Sedangkan sopir truk dan kernet­nya cuma luka ringan dan dira­wat di pukesmas terdekat, Ran­tau Ikil.

Kapolres Dharmasraya AK­BP Lalu Muhammad Iwan Ma­hardan, SIK, melalui Kasat Lan­tas AKP Imawan Rantau dan Kanit Lantas Ipda Dian Jumes Putra, ketika dikonfirmasi  me­nga­takan, korban meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP), yakni Furkon (5) laki-laki, Akbar (3) laki-laki, Darma (55), perempuan, A.Yani (45), laki-laki, Iwan (35), laki-laki, Dasminar (48) perempuan, se­dang­kan mengalami kritis dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh, Dharmasraya,  Dewiaya (42), perempuan, Fadira (9) perem­puan, dan, Asmar (45) laki-laki.

Sementara dari keterangan salah seorang sopir truk angkutan batu bara ketika melintas di TKP bernama Roni (35), warga Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Pun­jung, ketika dihampiri wartawan, menyebutkan, sebuah mobil minibus Avanza dengan kece­patan tinggi datang dari arah Muaro Bungo menuju arah Dhar­masraya.

Setibanya di TKP mobil mi­ni­bus avanza hendak mendahului salah satu kendaraan truk tronton berada di depannya. Tiba-tiba dari  berlawan arah juga datang sebuah mobil truk colt diesel dengan kecepatan tinggi dari arah Padang menuju Muaro Bu­ngo. Karena jarak terlalu dekat kecelakaan tidak dapat dihin­darkan.

“Ketika saya di TKP, saya melihat kedua mobil tersebut laga kambing. Sopir dan pe­numpang yang duduk di belakang sopir meninggal di tempat de­ngan keadaan sangat mengerikan, sedangkan penumpang tiga orang di bagian belakang mobil mini­bus avanza mengalami kritis dan langsung diselamatkan dan dila­rikan warga setempat bersama pihak kepolisan ke RSUD Su­ngai Dareh,  untuk dilakukan per­to­longan medis,”ungkap Roni.

Roni juga mengatakan, ia sangat kaget ketika melihat keja­dian kecelakaan maut tersebut, pasalnya 6 orang yang meninggal di TKP itu, dengan keadaan sudah tidak berbentuk lagi, ada bagian tubuh korban yang me­ngalami putus dan kepala pecah akibat benturan keras saat terja­dinya tabrakan kedua mobil itu.

Dijelaskan Roni, keterangan di lapangan, korban dari pihak minibus mobil Avanza sepulang dari Kota Muaro Bungo hendak ke Dharmasraya habis meng­hadiri pesta kawin salah seorang keluarganya. Belum sampai tu­juan ke rumah di Abai Siat maut sudah menanti di TKP.

Insiden kecelakaan itu sem­pat memicu kemacetan sepanjang 3 kilometer. Sebab posisi keja­dian terjadi di tengah jalan lintas Sumatera. Namun tak lama ke­mudian, pihak Satlantas Mua­ro Bungo datang dan aktivitas lalu lintas kembali lancar.

Secara terpisah, AKP Slamet Riadi, Kepala Pos PJR Jujuhan Kabupaten Bungo Provinsi Jam­bi mengatakan, setelah mendapat laporan, pihaknya langsung ke TKP untuk mengevakuasi kor­ban dan kendaraan dari badan jalan. “Semua korban kita larikan ke puskesmas Rantau Ikil Ju­juhan. Kami dengan Satlantas Bungo pun langsung melakukan olah TKP. Kondisi mobil rusak parah boleh jadi karena ditabrak, terpental, maka penumpangnya mengalami nasib nahas,” terang Slamet Riadi.

Sementara itu, pantauan di lapangan, kedua unit kendaraan masih di TKP. Semua korban sudah dievakuasi ke puskesmas Rantau Ikil. Kepala Puskesmas Rantau Ikil, dr Roni Nahar mengatakan, rata-rata semua korban yang meninggal menga­lami luka parah di kaki dan kepala. “Karena pas kejadian, korban terjepit,” ujar Roni Nahar.

Setelah dilakukan pember­sihan luka pada korban, jenazah dibawa oleh pihak keluarga ke kampung halaman di Abai Siat. Akibat kejadian ini kedua unit kendaraan mengalami rusak berat dan ditaksir kerugian ratu­san juta rupiah. (h/mg-bdr/jrt)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]