Kabut Asap, Siswa Dipulangkan Lebih Awal


Rabu, 21 Oktober 2015 - 19:01:02 WIB

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi, Yuen Karnova kepada para wartawan me­ngatakan, kebijakan me­mulangkan anak sekolah ini disebabkan pekatnya kabut asap yang menyelimuti Kota Bukittinggi dan dinilai sa­ngat tidak sehat bagi anak-anak yang memang rentan terdampak Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Sejauh ini memang be­lum ada laporan dari orang tua terkait siswa yang ter­infeksi ISPA. Namun de­mikian, hal itu harus di­antisipasi dengan me­ngu­rangi aktivitas di luar ru­mah, dan menggunakan mas­ker saat ada keperluan penting di luar rumah,” tutur Yuen Karnova.

Yuen Karnova me­nam­bahkan, untuk langkah se­lanjutnya Pemerintah Ko­ta Bukittinggi akan me­la­ku­kan koordinasi dengan Sta­siun Global Atmosphere Watch (GAW) Kototabang. Apabila kabut asap tetap tebal, maka kebijakan me­liburkan sekolah ini akan di­lan­jut­kan, tapi anak sekolah akan kembali me­ngikuti proses belajar me­ngajar jika kua­litas udara di Kota Bu­kit­tinggi mulai mem­baik.

Semenjak pagi, ter­pan­tau kabut asap tebal me­nye­limuti Kota Bu­kit­tinggi. Dari subuh hingga pukul 06.45 WIB, kabut asap yang ber­campur embun pagi mem­­­b­uat jarak pandang di Kota Bukittinggi hanya se­kitar 50 meter hingga 100 meter.

Namun suasana seperti itu tidak berlangsung lama, karena sebelum pukul 07.00 WIB, kabut asap yang ber­campur embun pagi per­lahan-lahan mulai menipis, dan membuat jarak pandang kembali panjang.

Dari hasil pengukuran Stasiun GAW Kototabang dari pagi hingga sore pada Rabu kemarin, rata-rata kualitas udara yang diukur berdasarkan kosentrasi ha­rian aerosol PM10 (partikel debu), berada di kategori tidak sehat, mulai dari level 158 mikrogram permeter kubik hingga 305 mik­rog­ram permeter kubik.

Kualitas udara pada Ra­bu kemarin mengalami se­dikit peningkatan, karena pada beberapa hari sebe­lumnya kualitas udara yang diukur sempat menembus level berbahaya. (h/wan)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]