Dua Jemaah Haji Sumbar Masih Dirawat di Mekkah


Rabu, 21 Oktober 2015 - 19:02:18 WIB

“Kami tidak akan me­mak­sakan untuk me­mu­langkan jemaah yang masih menjalani perawatan di Mek­­kah, resikonya tinggi. Jikapun keluarga jemaah yang meminta, tidak akan dikabulkan karena panitia tidak akan menanggung resiko, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat jemaah dipaksakan pulang,” kata Damri, Rabu (21/10).

Sebelumnya dibe­rita­kan, Jemaah atas nama Tri Murti Ali adalah korban musibah Crane yang terjadi di Mekkah saat penye­leng­garaan ibadah haji. Karena masih dalam masa recovery (pemulihan) atas cidera yang ia derita. Tri Murti Ali yang tergabung dalam ke­lom­pok terbang (kloter) III terpaksa menunda kepu­langan bersama anggota kloter lainnya.

Sedangkan jemaah atas na­ma Naumar Sudin bin Su­din, harus menjalani pera­wa­tan intensif karena men­de­rita penyakit komplikasi jan­tung. Sehingga berstatus be­lum layak terbang dan di­tunda dari jadwal seha­rusnya, yaitu bersama kloter VIII.

“Kami terus menjalin komunikasi dengan petugas haji yang ada di Mekkah. Petugas akan tetap men­dampingi dua jemaah terse­but, meskipun nanti seluruh kloter Indonesia telah pu­lang. Nanti setelah layak terbang, kami pulangkan secara khusus dan diantar sampai ke alamatnya. Tri Murti Ali ke Kabupaten Solok dan Naumar ke Ka­bu­paten Padang Pariaman,” imbuh Damri.

Keluarga Tak Disarankan Membezuk

Menurut penuturan Dam­ri, pihak keluarga je­maah yang masih dirawat sem­pat menyatakan ke­inginan untuk membezuk se­kaligus menjemput je­maah ke Mekkah. Namun, PPIH menyarankan agar keluarga mempercayakan proses penyembuhan demi keselamatan jemaah.

“Jemaah merupakan tang­gung jawab negara. Ka­mi berharap keluarga sabar menunggu dan me­nye­rah­kan segala urusannya pada pemerintah melalui petugas haji. Demi keselamatan jemaah juga,” harapnya.

Ia juga memastikan bah­wa koordinasi dan informasi perkembangan kondisi je­maah terus dilakukan de­ngan tim kesehatan yang langsung berhubungan de­ngan petu­gas di Arab Saudi. “Perkem­bangan jemaah te­rus kami informasikan ke­pa­da pihak keluraga. Jadi jangan mem­percayai infor­masi yang bukan dari PPIH,”  pung­kasnya. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]