Sawahlunto Menunggu Pengakuan UNESCO


Rabu, 21 Oktober 2015 - 19:02:58 WIB

“Dari seminar ini, diharapkan akan dapat melahirkan saran dan rekomendasi untuk pengembangan Kota Sawahlunto ke depan, terutama dalam persiapan menjadi kota warisan dunia yang diakui UNESCO,” kata Rovanly.

Saat ini katanya, Sawahlunto banyak terkendala dari keberadaan situs cagar budaya yang kebanyakan dimiliki oleh pihak lain seperti PTBA dan PT. KAI. Dalam hal ini, Pemko Sawahlunto sangat berharap adanya masukan melalui peserta seminar, khususnya terkait manajemen pengelolaan aset, sehingga tidak menjadi kendala di kemudian hari.

Kegiatan itu sendiri diikuti Jaringan Kota Pusaka Wilayah Sumatera, anggota Jaringan Pelestarian Pusaka Sumatera (Pansumnet), Badan Warisan Sumatera, Pusat Konservasi Arsitektur Universitas Bung Hatta Padang, PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Semen Padang, PTBA dan Pelindo.

Adapun nara sumber seminar diantaranya Mr.Gaura Mancacarita pakar bidang pe­lestarian budaya Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), Fitra Arda dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batu­sangkar, Asfarinal dari JKPI, Eko Alvares Pakar pelestarian Universitas Bung Hatta, Evert Verhager dari Creative Cities Belanda, Gerard De Graf dari Smalspoor Museum Belanda dan Hasti Tarikat dari Heritage Hands On Belanda.

Mr. Gaura Mancacarita menyebutkan, manfaat pusaka diantaranya adalah sebagai bentuk jati diri bangsa, warisan leluhur dan sebagai modal pengembangan karakter bangsa, yang harus senantiasa dilindungi dan dilestarikan. Untuk itu, Kota Sawahlunto yang tengah berupaya mendapat pengakuan sebagai kota warisan dunia dari UNESCO, diharapkan untuk terus melakukan pelatihan dan pengembangan dalam sumberdaya konservasi, dan menyiapkan masyarakatnya dalam menyambut aktivitas yang mendukung sebagai kota pusaka warisan dunia itu.

“Dengan sharing dan seminar-seminar yang kita lakukan, tentu akan dapat menjadi bahan masukan bagi Sawahlunto, maupun daerah lainnya yang ingin menjadikan warisan pusaka yang dimiliki untuk diakui menjadi warisan dunia,” terangnya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]