Puskesmas Harus Giatkan Penyuluhan dan Penanggulangan


Rabu, 21 Oktober 2015 - 19:11:10 WIB

“Kalau soal petugas da­tang ke rumah-rumah untuk memberikan informasi se­pu­tar penyakit yang ber­kem­bang dan perlu diwas­padai, memang tidak sering. Informasi seperti itu sering­nya saya dapatkan di Pus­kes­mas atau Posyandu,” ucapnya.

Hal serupa dikatakan oleh Gusti, seorang warga Tabiang, menurutnya sejauh ini upaya penyuluhan yang diberikan Puskesmas di tempat ia tinggal lebih se­ring saat terjadi kasus. Na­mun Posyandu sering da­tang ke rumah mengi­ngat­kan agar menyegerakan imu­nisasi untuk anaknya.

“Kalau dari Puskesmas memang sering datang saat ada kasus seperti difteri kemarin. Mereka menyuruh agar segera membawa anak saya ke Puskesmas atau Posyandu untuk diberi imu­nisasi. Untuk penyuluhan yang rutin ke rumah-rumah tidak ada,” jelasnya.

Hingga saat ini, Gusti mengaku mendapatkan in­for­masi seputar kesehatan keluarganya dari dokter keluarga yang telah diten­tukan dari kesertaannya di Badan Penyelenggara Ja­minan Sosial (BPJS). Se­dangkan untuk datang lang­sung ke Puskesmas atau Posyandu untuk men­dapat­-kan informasi, ia tak sempat karena bekerja di siang hari.

Saat anggota DPR RI Komisi IX yang membi­dangi kesehatan dan pen­didikan melakukan kun­jungan kerja ke Sumbar pada Rabu (21/10), per­soalan belum aktifnya Pus­kes­mas melakukan penyu­luhan dan penanggulangan penyakit menjadi hal yang diperbincangkan.

“Upaya penyuluhan dan penanggulangan ini yang paling penting, tapi itu yang paling kurang. Selama ini pelayanan penyembuhan yang selalu menjadi fokus. Ini yang harus diperbaiki,” ucap Suir Syam, selaku ke­tua rombongan DPR RI Komisi IX.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Andalas, dr. Desi, kepada Haluan me­nga­kui selalu mengu­paya­kan penyuluhan dalam tiga bentuk kegiatan. Antara lain penyuluhan dalam ge­dung, luar gedung dan pe­nyu­luhan keliling.

“Dalam gedung itu mak­sudnya memberikan penyu­luhan saat warga datang ke Puskesmas, di luar gedung yaitu saat mengunjungi ru­mah-rumah warga, sedang­kan penyuluhan keliling yaitu saat terjadinya kasus, seperti difteri baru-baru ini. Namun tentunya ke depan akan semakin diting­kat­kan,” jelas Desi.(h/mg-isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 06:01:27 WIB

    Tak Perlu Jauh-jauh ke Puskesmas, Pedagang Kini Bisa Tes Swab di Lantai 4 Pasar Raya Padang

    Tak Perlu Jauh-jauh ke Puskesmas, Pedagang Kini Bisa Tes Swab di Lantai 4 Pasar Raya Padang HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perdagangan Kota Padang bersama dengan Dinas Kesehatan di bawah komando Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memindahkan pelaksanaan tes swab ke Pasar Raya, tepatnya di Mall Pelayanan Publik ya.
  • Kamis, 30 April 2020 - 09:50:43 WIB

    Pemkab Garut Tutup Puskesmas yang Satu Perawatnya Kena Corona

    Pemkab Garut Tutup Puskesmas yang Satu Perawatnya Kena Corona GARUT, HARIANHALUAN.COM - Seorang perawat berdinas di Puskesmas Cisurupan Garut positif Corona. Perawat itu diduga tertular dari pasien positif Corona yang kabur..
  • Rabu, 22 April 2020 - 13:27:46 WIB

    Elly Thrisyanti bagi APD di Puskesmas Pegambiran

    Elly Thrisyanti bagi APD di Puskesmas Pegambiran PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebagai bentuk kepedulian kepada tenaga medis, anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD), masker dan vitamin kepada petugas di Puskesmas Pegambiran, Kecamatan L.
  • Senin, 20 April 2020 - 20:53:26 WIB

    Muhidi Bagi APD di Puskesmas Andalas

    Muhidi Bagi APD di Puskesmas Andalas PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kota Padang Muhidi, menyerahkan bantuan ke Puskesmas Andalas. Bantuan berupa, Alat Pelindung Diri (APD) dan suplemen bagi tenaga kesehatan..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 17:08:45 WIB

    Mahyeldi: Warga Pendatang Wajib Lapor ke Puskesmas dan RT

    Mahyeldi: Warga Pendatang Wajib Lapor ke Puskesmas dan RT PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang mewajibkan seluruh masyarakat yang baru datang dari wilayah yang terpapar virus Corona atau Covid-19 diwajibkan untuk melapor kepada petugas kesehatan maupun RT/ RW s.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]