Jarak Pandang Masih Terbatas


Rabu, 21 Oktober 2015 - 19:12:06 WIB

Sementara untuk perkiraan cuaca di Sumbar hingga malam hari dalam kondisi berawan dan belum ada peluang terjadi hujan, kata dia. Sebelumnya Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) meminta negara harus menyelamatkan warga dari kabut asap yang sudah terjadi dalam 18 tahun terakhir dengan tidak membiarkan pembakaran lahan terus terjadi.

“Sudah sekian lama masyarakat menderita akibat kabut asap, mengapa pemerintah mulai bereaksi kalau negara tetangga sudah berteriak,” kata Kepala Departemen Advokasi Walhi Nur Hidayati.

Ia melihat selama ini kalau rakyat sudah berteriak akibat dampak kabut pemerintah terkesan diam saja.

Negara harus memberikan pelayanan kesehatan, membantu evakuasi, memberikan fasilitas tertentu yang meringankan beban masyarakat, kata dia.

Upaya yang harus dilakukan mencegah asap adalah penegakan hukum yang ketat karena selama 18 tahun terakhir sudah diketahui siapa aktor sebenarnya dari pembakaran yang meluas. Bukan masyarakat, tapi pelaku usaha, dunia industri yang serakah ingin dapat untung sebesar mungkin dengan biaya sekecil-kecilnya dengan membakar lahan, ujarnya. (h/isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]