Mahasiswa Sumbar Protes ‘Pemberedelan’ Majalah Lentera


Rabu, 21 Oktober 2015 - 19:28:40 WIB

Majalah dengan nomor 3/2015 sebanyak 500 eksemplar yang dituding kepada dugaan penyebaran informasi terlarang yang bisa menimbulkan anggapan bahwa Salatiga merupakan Kota PKI.

“Kami menuntut kepada Polres Salatiga untuk meminta maaf kepada Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Lentera dan mengembalikan majalah yang telah disita. Kami juga meminta pimpinan Kampus Universitas Kristen Satya Wacana untuk melindungi kebebasan berpikir, berekspresi, dan menyuarakan pendapat yang dilakukan di lingkungan kampus, termasuk hal penerbitan yang dilakukan oleh LPM Lentera,” sorak Farhan, Korlap aksi unjuk rasa Aspem Sumbar.

Dalam orasinya, Farhan meminta Dewan Pers meminta untuk ikut serta dalam melindungi keberadaan Pers Mahasiswa dari tekanan dan ancaman yang mengekang kebebasan berpikir, berekspresi, dan berpendapat.

“Pers mahasiswa merupakan media penyalur kreativitas mahasiswa dalam bidang jurnalistik serta media informasi kampus yang independen,” jelasnya.

Aksi tersebut awalnya berjalan tertib, namun beberapa saat kemudian pihak dari Polresta Padang datang, mengatakan bahwa mahasiswa itu belum memiliki Surat Izin Keramaian (SIK), sehingga mereka diminta untuk membubarkan diri. (h/mg-adl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 17:45:32 WIB

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh

    Disambut Antusias Mahasiswa, Hendri Septa Resmikan Rumah Pintar di Pauh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Walikota Padang, Hendri Septa meresmikan Rumah Pintar Peduli Anak Nagari di Perumahan Cimpago Permai, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumbar, Minggu (23/2/2020). .
  • Kamis, 14 November 2019 - 18:52:09 WIB

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven "Kota Tua Bacarito"

    Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unand Gelar Iven PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Andalas menyelenggarakan iven "Kota Tua Bacarito" di kawasan Kota Tua Padang, Jalan Batang Arau, tepatnya di Padangsche Spaarbank, Kamis (14/10). .
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04:46 WIB

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol

    Mahyeldi Ansharullah Motivasi 2.945 Mahasiswa Baru UIN Imam Banjol PADANG,HARIANHALUAN.COM-Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah berikan materi pada mahasiswa baru (MABA) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam rangka Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), di Ged.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 10:14:25 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang

    Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa, UBH Kerja Sama dengan BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Universitas Bung Hatta (UBH) Padang jalin kerjasama bidang autocad dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang untuk peningkatan kompetensi mahasiswa..
  • Senin, 05 Februari 2018 - 01:48:34 WIB
    LOKAKARYA PROGRAM KKN-PPM

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH

    Dihadiri 1.400 Mahasiswa UBH PADANG, HALUAN--Pengelola Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Bung Hatta mengelenggarkan Workshop Rancangan Program KKN-PPM oleh Dosen Pembimbing Lapangan Tahun 2018. Kegiatan ini ber.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]