Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender Masuk Prioritas IORA


Rabu, 21 Oktober 2015 - 19:31:14 WIB

Ia menjelaskan, seluruh ang­gota IORA mengakui peran penting wanita dalam mencapai kesejahteraan ekonomi di ka­wasan negara-negara anggota IORA. Dalam 12 bulan terakhir, IORA telah menjadi tuan rumah bagi tiga kegiatan pemberdayaan ekonomi perempuan, seperti yang terakhir kali di Seychelles.

“Suatu publikasi berjudul Enabling Women’s Contribution to the Indian Ocean Rim Eco­nomies, mengenai analisa situasi dari status ekonomi perempuan di negara-negara IORA telah diluncurkan pada sebuah ke­giatan di PBB, termasuk tentang akses terhadap peluang pekerjaan dan dunia usaha. Seluruh peserta pada pertemuan tersebut juga meluncurkan Mahe Consensus on Gender Equality dan Women’s Economic Empowerment, yang mengidentifikasi tujuh reko­mendasi, termasuk penyusunan legal frame works untuk mem­promosikan peluang bekerja yang setara, investasi di bidang pen­didikan bagi perempuan dan mendukung wanita dalam rantai dunia usaha,” tutur K V Bha­girath. Jumpa pers itu dibantu seorang penerjemah yang meng­hubungkan para wartawan de­ngan K V Bhagirath yang bicara dalam bahasa Inggris.

Pembahasan kesetaraan gen­der dan ekonomi perempuan, kata K V Bhagirath, terdapat pada suatu pernyataan komitmen ber­sama untuk memprioritaskan pemberdayaan perempuan, yang telah diajukan secara bersamaan dengan sejumlah kegiatan untuk memperkuat kerja sama kawasan, termasuk penandatanganan IORA Charter oleh seluruh ang­gota IORA dan MoU on Search and Rescue Cooperation.

K V Bhagirath meng­infor­masi­kan, semua program prio­ritas yang dibahas dalam IORA itu akan diikat dengan Deklarasi Padang atau Komunike Padang pada Jumat (23/10) nanti. Hal itu akan dibahas oleh para mentri luar negeri negara-negara IORA bersama negara mitra wicara IORA dalam rangka penguatan regionalitas dan jalinan kerja sama.

Terkait kehadiran menteri-menteri anggota IORA, K V Bhagirath menyebutkan, dari 20 menteri, 15 di antaranya sudah mengonfirmasi untuk hadir. Sedangkan 1 menteri dari negara Komoro, menyatakan tidak bisa hadir karena menghadiri ke­giatan di PBB.

Somalia dan Jerman

Ada yang berbeda pada KTT IORA kali ini, yakni rencana penambahan 1 negara IORA dan 1 negara mitra wicara IORA.

K V Bhagirath menyebutkan, IORA akan memiliki anggota baru, yakni Somalia. Selama ini, IORA beranggotakan 20 negara, yakni Indonesia, Australia, Si­ngapura, Malaysia, India, Uni Emirat Arab, Mauritius, Co­moro, Iran, Madagaskar, Oman, Afrika Selatan, Tanzania, Bang­lades, Kenya, Mozambique, Sri Langka, Thailand, Yaman dan Seychelles.

Saat tanya jawab dengan para wartawan, muncul pertanyaan kenapa IORA memasukkan So­malia menjadi anggota, padahal dunia tahu banyak perompak laut terdapat di Somalia, sementara kerja sama perdagangan negara-negara IORA menggunakan trans­portasi laut. Mengenai per­ta­nyaan itu, K V Bhagirath men­jawab, saat ini kondisi ketidak­amanan di laut Somalia sudah berkurang. Mengenai perom­pakan laut yang dilakukan oleh perompak Somalia, K V Bha­girath menjelaskan, menurut pejabat Somalia, perompak mela­kukan itu untuk melindungi pencurian sumber daya laut dan ikan Somalia oleh pihak-pihak dari luar Somalia.

Sementara itu, 1 negara baru yang akan menjadi mitra wicara IORA adalah Jerman. Selama ini, mitra wicara IORA adalah Cina, Jepang, Inggris, Perancis, Amerika Serikat dan Mesir. Se­perti diketahui, IORA merupa­kan organisasi negara-negara di kawasan Samudera Hindia itu dibentuk pertama kali pada 6 Maret 1997 di Mauritius. (h/dib)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 09 April 2016 - 01:48:46 WIB
    Jelang Penyampaikan RPJMD Sumbar 2016-2021

    Akomodir Pemberdayaan Rantau

    PADANG, HALUAN — Draf Ren­cana Jangka Panjang Me­nengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, masih disusun Pemprov Sumbar. DPRD Sumbar berharap, draf tersebut juga mengakomodir dan mem­prioritaskan program pem­ber­dayaan rantau.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]