Sawahlunto dan Pariaman Waspada Demam Berdarah


Kamis, 22 Oktober 2015 - 19:16:34 WIB

Kabid Pengendalian Pe­nya­kit dan Penyehatan Ling­kungan (P2PL) Dinas Ke­se­hatan Kota Sawahlunto Ummy Kalsum kepada Ha­luan Kamis (22/10) menga­takan, terjadinya pening­katan kasus DBD tersebut tidak terlepas dari penga­ruh cuaca yang tidak me­nen­tu. Ditambah lagi de­ngan banyaknya dite­mukan jentik-jentik nya­muk di rumah msyarakat.

“Kita telah menyurati seluruh Puskesmas untuk meningkatkan penyuluhan ter­kait kasus. Selain itu juga di­minta untuk mengin­tensif­kan gotong royong dan pem­berian Abate ke­pa­da masya­rakat,” katanya.

“Hal terpenting untuk memutus mata rantai penye­baran DBD adalah dengan meningkatkan kebiasaan hidup bersih dan sehat,” terang Ummy Kalsum.

Kasi Pengendalian Ling­kungan, Sri Wareski Ismal menambahkan, tidak ada obat khusus untuk me­nyem­buhkan DBD. Maka dengan itu, masyarakat ha­rus meng­hindari kebiasaan meng­gantung pakaian di kamar, memperbaiki salu­ran dan talangan air, me­ngupayakan pencahayaan dan ventilasi yang mema­dai, menabur bubuk pem­bunuh jentik atau larvasida, memelihara ikan pemakan jentik seperti ikan cupang, serta menanam tana­man yang tidak disukai nya­muk seperti lavender, zodiac dan bungai tahi ayam.

Sementara Kepala Di­nas Kesehatan Kota Paria­man, Yutiardy Rivai kepada Haluan, Kamis (22/10) me­nye­but, Kota Pariaman ter­ma­suk daerah endemis DBD. Untuk itu, peran ma­sya­rakat bersama peme­rintah untuk melakukan pemberantasan sarang nya­muk, sangat dibutuhkan.

Dikatakan Yutiardy, me­ngan­tisipasi tingginya kasus DBD sampai Okto­ber tahun 2015 berjalan, pihaknya terus melakukan sosialisasi pencegahan DBD kepada masyarakat, melalui mobil halo-halo dan pus­kesmas. Selain itu jelas Yutiardy, pihaknya juga melakukan fogging di seki­tar rumah anggota masya­rakat yang terkena DBD. (h/mg-rki/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]