Penderita ISPA di Sijunjung Capai 4.517 Jiwa


Kamis, 22 Oktober 2015 - 19:16:58 WIB

Ia menjelaskan, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sijunjung, pada Bulan Agustus 2015, peningkatan kasus ISPA mencapai 3.642. Sementara pada September 2015, me­ning­kat menjadi 4.517 kasus. Dan pening­katan tersebut mengalami kenaikan sebesar 54,4 persen.

“Laporan (ISPA) terbanyak berada di Kecamatan Koto VII Tanjung Ampalu, yaitu sebanyak 1025 kasus. Namun kita belum mendapatkan informasi mengenai warga yang dirawat intensif di RSUD Sijunjung terkait ISPA,” ujar Azmardan.

Dikatakannya, Dinkes Sijunjung telah meminta pelayanan kesehatan di daerah itu untuk selalu menyiapkan sarana pelayanan kesehatan untuk mengan­tisipasi kemungkinan terjadinya pening­katan penyakit-penyakit akibat dampak buruk kabut asap, seperti gangguan pernafasan, iritasi kulit, iritasi mata, dan sebagainya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Yusnidar Yelly menga­takan, hingga saat ini pihaknya belum mengambil kebijakan untuk meliburkan sekolah terkait dampak kabut asap.

“Namun, melalui UPTD Pendidikan di Kecamatan, kita telah memberikan kewenangan untuk meliburkan murid TK dan PAUD. Sementara untuk tingkat SD, SLTP SLTA, hanya dianjur­kan untuk tidak melakukan aktifitas di luar seko­lah, seperti olahraga ataupun kegiatan ekstrakulikuler lainnya,” tandasnya.

IPG Sijunjung Bagikan 1.000 Masker

Sekitar 10 orang muda-mudi yang tergabung dalam Ikatan Pendaki Gu­nung (IPG) Sumbar Korwil Sijunjung, Kamis (22/10) menggelar aksi simpatik dengan membagikan 1.000 masker gratis kepada murid SD di Kenagarian Padang Laweh Kecamatan Koto VII. Aksi ini dilakukan sebagai wujud keprihatinan atas makin parahnya sebaran kabut asap.

“Membagikan masker ini adalah sebagai bentuk kepedulian kepada murid SD yang terganggu aktifitas belajarnya dikarenakan dampak kabut asap, serta mencegah agar tidak terjangkit penyakit ISPA” kata Andes Samurai, salah seorang anggota IPG Sijunjung. (h/ogi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 14:39:26 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Biayai Pengobatan Seorang Warga Penderita Kanker

    Pemkab Padang Pariaman Biayai Pengobatan Seorang Warga Penderita Kanker HARIANHALUAN.COM - Mendengar informasi dari masyarakat terkait Juni Arita (35), penderita tumor ganas dari Korong Pauah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan Kecamatan Padang Sago yang sempat viral di media sosial minggu ini, Ali .
  • Jumat, 10 April 2020 - 21:38:36 WIB

    Dikunjungi Gubernur Sumbar dan Bupati Pessel, Ini Testimoni Wely Penderita Covid-19 yang Sembuh

    Dikunjungi Gubernur Sumbar dan Bupati Pessel, Ini Testimoni Wely Penderita Covid-19 yang Sembuh PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengunjungi Wely, panggilan  akrab Aswiliarti (45th), pasien sembuh Covid 19 di Nagari Jinang Kampung Pansur Kecamatan K.
  • Kamis, 01 Agustus 2019 - 17:13:25 WIB

    Sering Mengamuk, Penderita Gangguan Jiwa Diamankan Polisi

    Sering Mengamuk, Penderita Gangguan Jiwa Diamankan Polisi SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM — Polsek Sijunjung melalui anggota Bhabinkamtibmas Brigadir Polisi Andri Syam mengamankan salah seorang warga yang diduga mengalami gangguan jiwa yakni Nasrul alias NAI (65) yang telah meresahkan.
  • Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:26:42 WIB

    Penderita HIV/AIDS di Payakumbuh Meningkat

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Masyarakat Kota Payakumbuh perlu mewaspadai penyakit HIV/AIDS, karena masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di dunia..
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 03:14:08 WIB

    Bupati bantu Qari Nasional Penderita Tumor

    Bupati bantu Qari Nasional Penderita Tumor DHARMASRAYA, HALU­AN — Sudah beberapa bu­lan, Qari Sumatera Barat yang mewakili Sumbar ke MTQ Nasional di Bengkulu itu mendeita sakit di bagian paha sebelah kiri. Pahanya mem­bengkak dan lama ke­lamaan tidak berfungsi. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]