Dua Rumah Terbakar di Bandar Buat


Kamis, 22 Oktober 2015 - 19:22:50 WIB

Berdasarkan data yang dihimpun Haluan di lo­kasi kejadian, api mulai berkobar sesaat setelah lis­trik di kawasan tersebut menyala, lalu terjadi kors­leting yang menimpa rumah milik Nismai (55).

Ditampek kami ko pak, baru hiduik lampu. Sajam yang lalu lampu disi­ko mati. Pas iduik lampu disiko, rumah si Nismal ko korslet, tabakalah rumah ko,” terang Ketua RT se­tem­pat, Jainurdin (72) kepada petugas kepolisian dari Polsek Luki yang men­data rumah yang terbakar.

Kepala Bidang Keba­karan Pemadam Kebakaran Kota Padang, Harry Fidrian mengatakan, saat terjadinya kebakaran, warga langsung menghubungi petugas Pe­madam Kebakaran (Dam­kar) Kota Padang. Tidak hanya mobil dari Damkar Kota Padang yang mema­damkan api di lokasi keba­karan, namun mobil Pema­dam dari Semen Padang, lebih duluan datang ke Tem­pat Kejadian Perkara (TKP) mengingat jarak an­tara rumah korban yang terbakar tidak berjauhan dengan pabrik semen tertua di Indonesia ini.

“Kami mendapat ban­tuan armada satu unit mobil pemadam dari Semen Pa­dang, tim kami yang sedang berjaga, baik di Mako 113, maupun yang di Pasar Am­bacang langsung mener­junkan empat armada ke lokasi kejadian,” ungkap Harry.

Harry menjelaskan, ken­dala yang dihadapi oleh tim nya adalah posisi rumah korban yang jauh ke dalam membuat mobil pemadam susah masuk, walaupun pa­da akhirnya tim nya berhasil masuk dan memadamkan api.

“Banyaknya warga yang menyaksikan kebakaran ini sedikit menghambat tugas kami, disamping jalan ke tempat kejadian kecil. Na­mun demikian, lingkungan sekitar sudah aman dan petugas melakukan pen­dinginan di rumah korban. Rumah ini merupakan ru­mah bersama milik Nismai, dimana di rumah tersebut ada dua Kepala Keluarga (KK). Sumber api disinyalir arus pendek dari ruang tamu tengah,” terangnya.

Ia menghimbau kepada pemilik rumah agar me­ning­katkan kewaspadaan dan kehati-hatian di rumah, agar jangan terjadi hal yang serupa di tempat lain,” him­bau Harry. Kerugian yang ditim­bulkan akibat keba­karan ini ditaksir mencapai Rp. 300 juta. (h/mg-adl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]