Pesawat Rusia Bombardir Rumah Sakit Darurat


Kamis, 22 Oktober 2015 - 19:24:21 WIB

“13 Orang tewas dalam serangan udara Rusia ke sebuah klinik darurat di kota Sarmin, termasuk seorang fisioterapis, seorang penjaga, dan anggota pertahanan sipil,” tutur kepala Observatory, Rami Abdel Rahman seperti dikutip kantor be­rita AFP, Kamis (22/10/2015).

Kota Sarmin berada di provinsi Idlib, yang kerap menjadi target serangan udara militer Rusia sejak awal kampanye udaranya di Suriah pada 30 September.

Klinik tersebut dikelola oleh organisasi Ma­syarakat Medis Suriah-Amerika (SAMS). Para staf organisasi tersebut membenarkan bahwa serangan udara Rusia telah menyebabkan kerusakan parah pada fasilitas tersebut.

“Laporan awal kami dari lapangan menunjukkan bahwa kami telah kehilangan dua staf rumah sakit, seorang fisioterapis dan seorang perawat,” demikian disampaikan seorang staf SAMS.

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Rabu (21/10) mengkonfirmasi bahwa militernya telah me­narget­kan Sarmin, namun tidak disebutkan soal rumah sakit darurat itu.

Rusia sejauh ini telah melancarkan lebih dari 500 serangan udara di Suriah. Moskow menyatakan, serangan-serangan udara tersebut menargetkan kelom­pok ISIS dan para teroris lainnnya. Namun Moskow dikecam karena serangan-serangannya menimbulkan korban jiwa warga sipil.

Menurut Observatory, setidaknya 370 orang telah tewas akibat serangan udara Rusia di Suriah. Di antara jumlah itu, sebanyak 127 orang di antaranya merupakan warga sipil. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]