RTH Bendungan Talawi Dibersihkan dengan Goro


Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:09:58 WIB

Goro terpadu tersebut, sebagai persiapan pemko untuk mengimple­mentasi­kan program pengemba­ngan kota hijau (P2KH) yang dijanjikan pemerintah pusat buat Kota Payakum­buh. Ratusan anggota TNI/Polri bersama Korpri dan Forum Komunitas Hijau (FKH)  dan warga setem­pat, dipimpin Walikota H. Riza Falepi. Dalam rentang waktu 3 jam, berhasil mem­­buka lahan RTH seluas 5.400 meter persegi yang sebelumnya ditumbuhi tana­man barau dan semak be­lukar lainnya.

Dalam goro ini juga ikut sejumlah pejabat di jajaran Pemko setempat, Asisten I Setdako Yoherman, Asisten III H. Iqbal Bermawi, Kadis PU Marta Minanda dan Kepala DTRK Elvi Jaya, camat Payakumbuh Utara serta sejumlah pimpinan SKPD lainnya.

Kepala Dinas PU Paya­kumbuh, Marta Minanda dan Kepala DTRK Elvi Jaya mengatakan, Kemen­terian PU dan Perumahan Rakyat RI, sudah menye­tujui untuk membantu pem­bangunan ruang terbuka hijau di Paya­kumbuh buat lima tahun ke depan. Selama lima tahun itu,  pihak pusat mentarget Payakumbuh da­pat me­nye­diakan lahan mi­nimal 5 hektar untuk RTH pada sejumlah lokasi di kota ini.

Setelah lahan dibuka untuk RTH, pada kawasan Bendungan Talawi itu, awal tahun depan akan dibangun taman-taman dan  areal permainan anak-anak, serta penanaman pohon peng­hijauan. Tahap pertama, di tahun 2016, Kementerian PU Perumahan Rakyat akan mengucurkan dana sebesar Rp5 Miliar dalam menyukseskan kegiatan P2KH tersebut.

Walikota Riza Falepi, menyebut, ke depan Ben­dungan Talawi bakal dija­dikan objek wisata bahari yang representatif. Secara bertahap, pemko akan me­ng­alokasikan dana APBD buat pembangunan jalan inspeksi di sepanjang Sungai Batang Lampasi.. Tapi,  Dinas PU juga sudah me­ngajukan proposal ke Ke­menterian PU Pera, agar pembangunan jalan inspeksi itu dapat dibiayai lewat APBN.

Dalam hal itu, Kadis PU Marta Minanda, mengakui, pihaknya sudah menye­rah­kan proposal ke kemen­terian terkait tentang itu. “Tahun depan diharapkan kita sudah menerima jawa­bannya,” ujar Marta. Sebe­lumnya, pemerintah pusat dan pemprov, juga sudah mengucurkan dana puluhan miliar rupiah untuk mem­ba­ngun normalisasi sungai Batang Lampasi itu.

Diawal acara, Walikota Riza Falepi  menyerahkan alat-alat gotong royong ke­pada Ketua Forum Komu­nitas Hijau Payakumbuh, Risman Mansyur dan ke­pada perwakilan TNI/Polri. Kemudian, walikota juga menanam pohon peng­hij­auan di pinggir jalan inspeksi di Bendungan Talawi. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Desember 2019 - 18:04:30 WIB

    Air Mancur Menari di RTH Logas Muaro Sijunjung Diuji Coba

    Air Mancur Menari di RTH Logas Muaro Sijunjung Diuji Coba SIJUNJUNG, HARIAN HALUAN.COM - Air mancur menari di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Logas atau di depan kantor Pengadilan Negeri Muaro Sijunjung memasuki tahap uji coba..
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 04:36:40 WIB

    Kementerian PU Diminta Realisasikan RTH di Dharmasraya

    Kementerian PU  Diminta Realisasikan RTH di Dharmasraya DHARMASRAYA, HALUAN – Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Dt. Rajo Medan me­nyam­paikan harapan masya­rakatnya pada Kemen­terian Pekerjaan Umum (PU) agar merealisasikan pembangunan Ruang Ter­buka Hijau (RTH) di Dharmas.
  • Jumat, 29 Januari 2016 - 04:04:17 WIB
    Hari Ini Dilantik

    Prof Edwar Juliartha Sekda Pilihan Hendri Arnis

    PADANGPANJANG, HA­LU­AN — Seperti yang di prediksi banyak pihak sebelumnya, Walikota Padangpanjang He­n­­dri Arnis akhirnya me­netap­kan Prof DR M Edwar Juliar­tha sebagai sekretaris daerah kota Padangpanjang. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]