Kebakaran Lahan di Solsel Sisakan Asap


Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:11:27 WIB

Ditambahkan Tri Han­doyo, sebetulnya Pemkab Solsel melalui Pj. Bupati Erizal telah menurunkan dua surat himbauan la­rang­an membakar lahan, pada Sep­tem­ber lalu. Pertama surat himbauan kepada se­luruh pimpinan perusahaan per­ke­bunan dan kehutanan dan kedua ditujukan ke­pa­da ca­mat dan wali nagari se-Solsel.

Pada intinya, himbauan bupati itu adalah untuk tidak membakar hutan dan lahan. Jika dikaitkan de­ngan kejadian kebakaran kali ini, merupakan hal diluar dugaan. “Artinya, kebakaran lahan di dua titik lokasi ini akan menjadi perhatian serius pemkab,” tandas Tri Handoyo.

Dikatakan Tri Handoyo, sebetulnya Pemkab Solsel sudah memiliki tenaga pe­nga­was dan pengamanan hutan sebanyak 30 ora­ng, yang tersebar di hampir seluruh nagari. Me­reka ad­alah Petugas Penga­man Hu­tan Berbasis Nagari (PPHBN), yang didanai APBD Solsel.

Untuk meningk­at­kan pemahaman masya­rakat terkait bahaya kebakaran hutan dan lahan, Dinas Hu­t­­­bun Solsel telah me­la­ku­kan sosialisasi. “Di­ren­ca­kan pada Selasa (27/10), kita kembali giatkan so­sialisasi pada masyarakat dengan melibatkan Di­nas Kehutanan Provinsi Sum­bar di Kecamatan Sangir Batang Hari,” tambahnya.

Sekretaris Badan Pe­nang­gulangan Bencana Da­erah (BPBD) Solsel, Su­mar­­dianto membenarkan keba­karan lahan per­ke­bunan karet dan sawit masyarakat di desa Sinoek Trans Dusun Tangah telah berhasil di­padam­kan tim dan masya­rakat, kendati medan yang dilalui sangat sulit.

“Sekarang kondisi api telah padam dan diyakini penyebabnya karena pem­bukaan lahan baru oleh masyarakat,” tutup Su­mar­dianto. (h/jef)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 09:07:47 WIB

    Audy Joinaldy Bantu Korban Kebakaran di Nagari Muaro Paneh Solok

    Audy Joinaldy Bantu Korban Kebakaran di Nagari Muaro Paneh Solok HARIANHALUAN.COM - Sebagai wujud empati dan kepedulian terhadap warga yang tertimpa musibah kebakaran rumah yang terjadi Rabu pagi, sekira pukul 05.30 WIB, Dr (cand). Ir Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, M.M, IPM, ASEAN.Eng memberik.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 11:25:37 WIB

    Korban Kebakaran Empat Petak Kedai di Gunung Medan Rugi Ratusan Juta

    Korban Kebakaran Empat Petak Kedai di Gunung Medan Rugi Ratusan Juta Efrizal (45), warga Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Kamis (14/05), lari terbirit-birit dengan kepala yang belum selesai dipangkas bersama kain pembalut pangkas, pasalnya kedai dekat pan.
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 17:06:20 WIB

    Korban Kebakaran di Lubuk Sikaping Dapat Bantuan Sembako

    Korban Kebakaran di Lubuk Sikaping Dapat Bantuan Sembako PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman, Rahmi Wahidah, menyerahkan bantuan bagi korban kebakaran di Jorong Taluak Ambun Nagari Pauh, Kecamatan Lubuksikaping, Sab.
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 16:22:19 WIB

    DPRD Dharmasraya Bantu Korban Kebakaran Pasar Koto Baru

    DPRD Dharmasraya Bantu Korban Kebakaran Pasar Koto Baru DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto bersama sejumlah wakil rakyat lainnya sambangi korban kebakaran Pasar Koto Baru, Kamis (26/12). Dalam kesempatan itu, ia menyerahkan sejumlah sembako kepada ko.
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 16:24:14 WIB

    Tinjau Kebakaran di Pasar Koto Baru, Bupati Sutan Riska Serahkan Bantuan

    Tinjau Kebakaran di Pasar Koto Baru, Bupati Sutan Riska Serahkan Bantuan PULAUPUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Tatapan kosong terpancar dari wajah Yusna. Perempuan 60 tahun itu serasa masih belum percaya, bahwa kedai tempatnya menggalas aneka barang kelontong sudah ludes terbakar..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]