Malaysia Tolak Naikkan Gaji TKI Sampai 50 Persen


Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:18:31 WIB

Dia menambahkan bah­wa kementerian harus mela­kukan pertemuan dengan para pemangku kepentingan seperti Asosiasi Pengusaha Pembantu Malaysia (MA­MA) dan Asosiasi Agen Pembantu Asing Malaysia (PAPA) sebelum menye­pakati angka kenaikan upah. Richard Riot mengatakan keputusan ini akan diu­mumkan segera.

Pada bulan Mei, In­do­nesia mengajukan nota ke­pada Pemerintah Ma­laysia untuk meminta upah mini­mum PRT dinaikkan men­jadi 1.200 ringgit dari jum­lah sekarang yang berkisar di angka 800 ringgit.

Kenaikan upah untuk para TKI Indonesia menda­pat­kan penolakan keras dari pengguna jasa PRT di M­a­lay­sia. Ahli ekonomi Malay­sia juga mengatakan bahwa ne­­­garanya sudah me­nge­luarkan 5 miliar ringgit setiap tahun untuk In­do­nesia berdasarkan upah minimum yang berlaku se­karang.

Hermono, Wakil Duta Besar Indonesia untuk Ma­laysia, mendesak Malaysia untuk melihat pengajuan peningkatan upah sebagai sebuah paket. Menurutnya, biaya perekrutan sebesar 1.800 ringgit sudah agak tinggi dan harus diimbangi upah yang lebih tinggi lagi.

Hermono mengatakan sebagian besar PRT In­donesia di Malaysia tidak memiliki jam bekerja yang tetap, sementara PRT lokal Malaysia menerima upah minimum sebesar 900 ring­git untuk jam bekerja yang telah ditentukan.

Dari lebih dari 320.000 pembantu asing di Malaysia, 230.000 orang berasal dari Indonesia. (h/inl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 08 September 2020 - 18:14:46 WIB

    Bursa Saham Malaysia (KLSE) Pulih Tercepat di ASEAN

    Bursa Saham Malaysia (KLSE) Pulih Tercepat di ASEAN HARIANHALUAN.COM - Riset data menunjukkan bahwa Bursa Malaysia menunjukan kinerja terbaik di antara negara ASEAN lainnya, walaupun tercatat pertumbuhannya masih negatif. Terhitung sejak Januari 2020 hingga 30 Agustus 2020, ki.
  • Selasa, 25 Agustus 2020 - 08:46:26 WIB

    Agar Tak Bernasib Sama dengan Malaysia, Sri Mulyani Wanti-wanti Kontraksi Ekonomi RI

    Agar Tak Bernasib Sama dengan Malaysia, Sri Mulyani Wanti-wanti Kontraksi Ekonomi RI HARIANHALUAN.COM - Pelemahan ekonomi yang terjadi di Malaysia ternyata cukup dalam, bahkan lebih rendah dibandingkan Indonesia. Kontraksi ekonomi yang terjadi pada negara tetangga tersebut membuat Menteri Keuangan (Menkeu) Sr.
  • Kamis, 19 April 2018 - 11:48:43 WIB

    Wings Air Segera Mengudara dari Medan ke Melaka Malaysia

    Wings Air Segera Mengudara dari Medan ke Melaka Malaysia MEDAN, HARIANHALUAN.COM – Wings Air, maskapai tergabung dalam Lion Air Group terus memperluas jaringan penerbangan di kancah domestik dan internasional..
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 20:40:57 WIB

    Berawal dari TdS, Jamur Tiram di Sawahlunto Ini Tembus Pasar Malaysia

    Berawal dari TdS, Jamur Tiram di Sawahlunto Ini Tembus Pasar Malaysia SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Produksi Jamur Tiram kelompok tani Seroja Desa Kolok Nan Tuo Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto semakin berkembang. Memulai produksi sejak Desember 2016 lalu pemasarannya telah sampai ke Negri Jir.
  • Jumat, 28 Oktober 2016 - 00:50:47 WIB

    Indonesia Pasar Kedua Terbesar Wisatawan Malaysia

    Indonesia Pasar Kedua Terbesar Wisatawan Malaysia PADANG, HALUAN — Ma­laysia tidak pernah berhenti mempromosikan objek-ob­jek wisatanya, termasuk berbagai hal yang dapat di­nikmati wisatawan di ne­ga­ranya. Promosi itu secara berkala dilakukan oleh Ma­laysia Tourism .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]