IMF: Arab Saudi Akan Bangkrut Tahun 2020


Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:19:00 WIB
IMF: Arab Saudi Akan Bangkrut Tahun 2020

Riyadh akan dipaksa mencari sumber dana men­jual minyak, untuk menutup defisit anggata belanja. S­e­perti negara-negara penge­k­s­por minyak lainnya, Ri­yadh dikabarkan akan me­ngu­rangi anggaran secara substansial.

Baca Juga : BNI Pastikan Tak PHK Karyawan Meski 96 Kantor Cabang Ditutup

“Untuk para eksportir minyak di kawasan Timur Tengah, penurunan harga minyak dunia menyebabkan kerugian pendapatan ekspor hingga 360 triliun dolar pada tahun ini,” Masood Ahmed, direktur IMF Ti­mur Tengah, mengatakan kepada wartawan di Dubai.

Turunnya pendapatan Arab Saudi dibuktikan de­ngan beberapa keputusan penting kerajaan. Saudi Ara­bian Monetary Agency me­narik 70 miliar dolar yang dikelola lembaga keuangan luar negeri.

Baca Juga : Harga Emas di Pegadaian Jeblok 1% di Lebaran Hari Kedua

Cadangan devisa negara juga turun hampir 73 triliun, karena harga minyak me­rosot, hingga tinggal 654.5 triliun dolar. Harga minyak yang me­rosot sampai ke level 50 dolar AS per barel membuat negara-negara pe­ng­ekspor perlu membuat variasi eko­nomi untuk me­nye­rap jutaan pencari kerja.

“Lebih dari 10 juta orang diperkirakan akan mencari pekerjaan pada tahun 2020 di negara-negara peng­eks­por minyak di Timur Ten­gah, lanjutnya. (h/inl)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]