1.600 Masker Dibagikan Gratis


Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:24:37 WIB

“Saat ini, kami mem­berikan 18 kotak masker kepada pengunjung dan pedagang di sekitar Jam Gadang dan di kawasan Pasar Atas. Ini aksi sosial perdana yang kami lakukan terkait permasalahan kabut asap ini,” kata Ivan Haykel, salah seorang pengurus Ko­munitas Ramin VW Club Bukittinggi.

Dijelaskannya, dalam satu kotak berisi sebanyak 50 lembar masker. Masing-masing anggota komunitas diberi jatah satu hingga dua kotak masker, untuk diberi kepada pengunjung dan pedagang. Dana untuk mem­beli masker itu sendiri berasal dari penggalangan dana yang dilakukan inter­nal komunitas.

Menurut Ivan, aksi terse­but juga merupakan aksi sosial tahap pertama, karena komunitas ini rencananya juga melakukan aksi sosial pemberian masker untuk tahap kedua. Namun tahap kedua itu belum ditetap­kan kapan akan dilak­sanakan.

Ivan melanjutkan, pem­berian masker ini meru­pakan wujud kepedulian Komunitas Ramin VW Club Bukittinggi dalam menyikapi permasalahan kabut asap yang menye­limuti Kota Bukittinggi. Menurutnya, selama ini pemerintah kurang optimal dalam menangani perma­salahan kabut asap, se­hingga dibutuhkan aksi nyata secara cepat untuk mengantisipasi terjadinya korban Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Kami juga mendesak Pemko Bukittinggi untuk mendirikan Posko Darurat Kabut Asap, yang disana ada petugas medis dan rela­wan. Posko ini harus diba­ngun di kawasan strategis dan keramaian, serta harus melayani masyarakat yang mengalami gangguan per­nafasan atau penyakit lain­nya akibat dampak kabut asap,” pungkas Ivan.

Dinkes Sebar 700 Ribu Masker

Dinas Kesehatan (Din­kes) Kabupaten Agam juga telah menyebar lebih kurang 700 ribu masker kepada mas­yarakat melalui pus­kesmas, sejak mulai terja­dinya Kabut asap. Masya­rakat diminta menggunakan masker keluar rumah seiring semakin tidak baiknya kon­disi udara

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabuapten Agam Kabupaten agam , Indra Rusli, Jumat mengatakan, masyarakat bisa memperoleh masker gratis dari Dinkes di puskesmas pada wilayah masing-masing. Ia mengaku sudah menyalurkan ratusan ribu masker secara cuma-cuma untuk penduduk Agam.

Dikatakannya, setiap pus­kesmas memiliki per­sedian stok masker untuk diberikan ke masyarakat. Keberadaan masker dipas­tikan ada pada setiap tempat layanan kese­hatan masya­rakat di Kabu­paten Agam. Sehingga de­ngan itu masya­rakat bisa dengan mudah mendapat­kannya,” jelas Indra.

Salah seorang masyar­a­kat Lubuk basung, Fadlan, mengatakan, beberapa hari terakhir kabut asap terlihat kekuning-kuningan dan par­tikelnya mulai terasa. Kabut asap juga berbau me­nyengat, tidak seperti hari biasanya. Karena Kabut asap itu sudah beberapa bulan terakhir, masyarakat tidak bisa lagi memandang indahnya langit biru.

Ia mengeluhkan tidak adanya langkah pasti dari pemerintah pusat yang ber­ke­wajiban untuk menangani kondisi ini dengan sece­patnya. “ Kami sudah sangat capek dengan keadaan se­perti ini, masyarakat sudah seperti ikan salai diasapi setiap hari,” ungkapnya. (h/wan/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 25 November 2015 - 19:09:44 WIB

    Ideal Turunkan 1.600 Saksi Pilkada

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan bakal menurunkan 1.600 saksi di Pilkada 9 Desember 2015. Saksi itu akan ditempatkan di seluruh tempat pemungu.


BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]