SPBU di Lubuk Sikaping Terindikasi Tercampur Air


Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:25:18 WIB

Insiden itu langsung diselidiki oleh Polres Pasaman, hasil penyelidikan ditemukan bensin bercampur air di tangki SPBU tersebut. “Kami telah pasang garis polisi (police line) dan meminta kegiatan SPBU tersebut untuk dihentikan operasinya sementara waktu,” ujar Kapolres Pasaman AKBP Agoeng SW melalui Kasat Res­krim AKP Syaiful Zubir.

Di TKP juga ditemukan kuat dugaan kondisi minyak bercam­pur air itu sudah terjadi dalam seminggu terakhir di SPBU Sawah Panjang. Karena 4 hari sebelumnya ada juga warga yang menjadi korban.

“Kasus ini sedang diselidiki karena diduga ada unsur kese­ngajaan mencampurkan air dan bensin oleh pihak-pihak tertentu. Kejadian ini sudah terjadi di beberapa hari sebelumnya. Kare­na kita dapat laporan ada warga yang juga jadi korban empat hari lalu,” terangnya.

Untuk melakukan penyeli­dikan, kepolisian melakukan uji labor untuk kasus ini. “Kita menunggu proses penyelidikan, uji labor dan koordinasi dengan pihak Pertamina secepatnya,” ucap Syaiful Zubir.

Ia mengatakan, jika kasus ini disengaja pihak yang bertang­gungjawab akan dipidana, selain itu jika SPBU yang melakukan kesalahan tentunya Pertamina juga memberikan sanksi. “Ini ada pidananya, dan menyangkut UU No 22 tahun 2001 tentang mi­nyak dan gas alam,” pungkas Kasat.

Seperti Ison, 50, warga Lu­buksikaping. motornya rusak setelah anaknya mengisi minyak di SPBU Sawahpanjang 4 hari yang lalu. Karena motor tidak bisa hidup, ia membawa motor ke bengkel. Setelah dibongkar, karburator motor saya penuh air. Setelah dicek ternyata minyak yang bercampur air,” ujarnya.

Hal senada juga dialami Ucok, 43. Warga Bonjol menga­ku mengisi minyak Rp100 ribu untuk mobil pickup. Namun setelah diisi mobil tidak bisa hidup lagi. Iapun meminta ban­tuan warga sekitar untuk mendo­rong, namun mobil tidak juga hidup. “Padahal minyak baru diisi namun mobil tidak bisa hidup. Saya keluarkan minyak­nya dari tangki ternyata bensin bercampur air,” sebutnya.

Safar (53), warga Duo Koto, karena kejadian itu ia tidak bisa pulang ke Duo Koto yang jarak­nya satu perjalanan dari Lubuk­sikaping. “Motor saya tidak bisa hidup lagi, bagaimana saya pu­lang,” tukuknya.

Pengawas SPBU Sawah Pan­jang yang berada dibawah nau­ngan  PT Centra Bina Energi  Jon Fatra Murni (49), Warga Lubuksikaping, mengatakan, pengiriman minyak ke SPBU Sawah Panjang dilakukan tanggal 22, dan sampai pada tanggal (23/10) pukul 09.30 WIB.

“Mobil tangki datang pagi dan dikawal polisi. Biasanya tidak pernah. Anggota polisi itu menyuruh kamu menyalin mi­nyak dengan cepat,” ujarnya.

Ketika ditanyakan kenapa dikawal, anggota polisi itu me­nye­but kalau di jalan mobil tangki bergesekan dengan ken­daraan lain.

Katanya, minyak untuk SPBU Sawahpanjang berasal dari Bungus Teluk Kabung. Dalam satu minggu ada lima truk tangki yang me­masok BBM jenis premium ke SPBU. “Kejadian ini baru sekali ini kami alami,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya dalam hal ini merasa sangat dirugikan terutama oleh pihak pengangkutan minyak. “Yang mengantar minyak ke kami ada­lah  pihak angkutan PT El Nusa Petrium yang merupakan mitra Pertamina,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT El Nusa dan PT tersebut langsung berkoordinasi dengan Pertamina. “Kita berharap per­soalan ini cepat selesai,” harap­nya. (h/col)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 10 Juni 2020 - 18:42:31 WIB

    SPBU Ranah Pesisir Isi Tangki Mobil Modifikasi, Masyarakat Protes

    SPBU Ranah Pesisir Isi Tangki Mobil Modifikasi, Masyarakat Protes HARIANHALUAN.COM - Sejumlah masyarakat di Kampung Tengah Padang, Nagari Koto VIII Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan komplain ke pihak SPBU setempat karena mereka tidak dibolehkan mengisi BBM jenis p.
  • Rabu, 10 Juli 2019 - 21:50:41 WIB

    Pertamina: SPBU Muaro Labuh Segera Layani BBM Jenis Premium

    Pertamina: SPBU Muaro Labuh Segera Layani BBM Jenis Premium SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Muara Labuh dan sekitarnya tahun ini bakal bisa menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium sebagai bahan bakar kendaraan. Pasalnya, SPBU Muara Labuh akan kembali melayani p.
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 22:32:32 WIB

    Konsumsi Premium Sumbar Naik 47%, Pertamina Tambah 19 Armada Tangki Distribusi dan Dua SPBU Kantong

    Konsumsi Premium Sumbar Naik 47%, Pertamina Tambah 19 Armada Tangki Distribusi dan Dua SPBU Kantong PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sesuai prediksi, konsumsi BBM di Sumbar selama bulan Ramadhan 1440 H meningkat. Untuk itu, Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) Pertamina branch Sumbar memeriksa kesiapan SPBU dalam penyaluran da.
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 15:43:24 WIB

    DPRD Pasaman Desak Pemkab Tera Ulang SPBU

    DPRD Pasaman Desak Pemkab Tera Ulang SPBU PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Lindungi konsumen dari kecurangan dalam hal perniagaan, DPRD Kabupaten Pasaman, mendesak pemkab setempat melakukan tera ulang seluruh SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) serta alat ukur, tak.
  • Kamis, 22 November 2018 - 23:51:01 WIB

    Ombudsman Sumbar Kritik SPBU Sediakan Satu Pompa

    Ombudsman Sumbar Kritik SPBU Sediakan Satu Pompa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ombudsman perwakilan Sumbar mengkritik kebijakan Pertamina terkait mekanisme penjualan premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) yang hanya menyediakan satu pompa, sehingga menyeb.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]