89 KK Miskin Latina Dibantu Kemenpora Bangun Rumah


Ahad, 25 Oktober 2015 - 18:50:35 WIB

Dana yang diberikan Kemenpupera itu, benar-benar ha­nya untuk pemba­ngunan atau rehabilitasi rumah tidak la­yak huni menjadi rumah layak huni. Kegiatan tersebut di­awasi langsung oleh pihak Polri dan Kejaksaan. “Tak bo­leh disalahgunakan untuk hal-hal yang konsumtif,” tegas Na­nik. Keterangan Kadis PU Payakumbuh Marta Minanda, di Kecamatan Latina berdasarkan survei yang dilakukan staf Dinas PU sendiri,  tercatat seba­nyak 359 rumah yang masih berstatus  Rumah tak La­yak Huni RTLH. Tapi, un­tuk tahap pertama Kemen­pupera baru dapat mem­bantu 89 unit RTLH dari 105 unit yang diusulkan.

Sisanya, 16 RTLH lagi, saat dilakukan survei oleh satker Kemenpuera terben­tur atas kepe­milikan tanah. “Dalam operasionalnya, dana bantuan itu hanya boleh dibelanjakan buat material pembangunan ru­mah. Upah pemba­ngunan­nya, ditanggung warga pene­rima sasaran. Makanya, dalam pekerjaan rumah tersebut sangat dianjurkan dilakukan melalui gotong ro­yong,” ujar Marta.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dalam kesem­patan itu, mengajak warga untuk ikut berpartisipasi dalam membangun rumah buat keluarga miskin itu. Budaya gotong royong yang merupakan kekuatan orang Minang dalam membangun kampung atau nagari  sela­ma ini, harus digalakkan lagi, sehingga hasil pem­bangunan tersebut makin berlipat ganda dan berdaya guna.

Penyerahan BSPS ter­sebut, dihadiri Kadis PU Marta Minanda, Kapolresta Payakumbuh diwa­kili Kasat­binmas AKP Yanisman, SH, Camat Latina Herlina, Kabid Cipta Karya Dinas PU, Delni Putra dan  Lurah Sungai Durian dan Lurah Param­bahan, serta tokoh masya­rakat setempat. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]