Nelayan Mulai Alih Profesi Jadi Buruh dan Pemulung


Ahad, 25 Oktober 2015 - 18:59:35 WIB

Nelayan takut melaut karena terba­tasnya jarak pandang yang diakibatkan oleh kabut asap, sehingga nelayan tidak bisa me­nen­tukan titik lokasi pe­nang­kapan ikan.

M. Syaiful (41), Ketua Kelompok Nelayan Mar­copolo Pantai Puruih Pa­dang, mengungkapkan, ang­gotanya sudah sekitar dua bulan tidak melaut.

“Kami takut melaut ka­re­na kami tidak bisa melihat posisi di mana kami berada yang biasanya ditandai de­ngan bukit dan pulau-pulau yang ada. Tetapi karena tebalnya kabut asap me­nutupi pandangan kami, kami tak bisa melihat bukit dan pulau-pulau tersebut,” kata­nya.

Menurut dia, jika ne­layan memak­sakan diri me­laut maka nelayan bisa ter­sesat dan tidak tahu arah di tengah laut.

“Untuk saat ini kami hanya bisa menarik pukat yang kami tebar sejauh 1 kilometer (km) ke tengah laut, kemudian menariknya lagi ke pinggir pantai. Na­mun terkadang hasil pukat juga tidak menjanjikan ka­rena hasil tangkapan dengan cara seperti ini tidak me­nentu,” imbuhnya.

Karena kondisi seperti ini nelayan harus memutar otak untuk mencari usaha lain agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Se­ba­gian nelayan kini terpaksa beralih profesi menjadi bu­ruh serabutan, bahkan ada yang me­ngum­pulkan boto-botol plastik agar bisa meng­hidupi keluarganya. (h/mg-bay)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 15 Juni 2020 - 11:52:04 WIB

    Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut

    Cuaca Cerah, Nelayan Pantai Puruih Kembali Melaut HARIANHALUAN.COM - Setelah mandeg selama 2 (dua) hari terakhir karena dilanda cuaca ekstrem disertai badai, sejumlah nelayan di Pantai Puruih, Kota Padang pada Senin (15/6/2020) sudah kembali melaut. Pasalnya, kondisi ombak .
  • Rabu, 12 September 2018 - 21:59:21 WIB

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu

    Nelayan Pakai Tenaga Surya, Taufik Hidayat Dorong Pemda Membantu PADANG, HARIANHALUAN.COM- Anggota DPRD Sumbar, Taufik Hidayat mengapresiasi langkah kelompok pengabdian masyarakat Jurusan Tenik Elektro, Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) membantu pemasangan solar sell di.
  • Ahad, 29 Juli 2018 - 12:22:17 WIB

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak

    Nelayan Pasia Nan Tigo Peroleh Bantuan 16 Biduak PADANG,HARIANHALUAN.COM-Nelayan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, menerima 16 biduak (sampan) untuk dua kelompok nelayan, Ahad (29/7)..
  • Kamis, 02 November 2017 - 11:43:23 WIB

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan

    Lantamal II Sosialisasi Keselamatan Pelayaran pada Nelayan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat nelayan, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang menggelar sosialisasi keselamatan kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut wilayah kerja.
  • Rabu, 03 Mei 2017 - 01:45:09 WIB

    Nelayan Yang Hanyut di Pulau Pisang Belum Ditemukan

    PADANG, HALUAN - Sudah tiga hari Afrizal (48), warga kawasan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat dinyatakan hilang saat akan pulang usai memancing di kawasan Pulau Pisang Gadang, Kecamatan Padang Selatan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]