Diguyur Hujan, Asap Berkurang di Pekanbaru


Senin, 26 Oktober 2015 - 20:33:00 WIB

Sementara itu, Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru saat ini menyediakan tiga unit posko induk evakuasi korban musibah asap. Keti­ga posko itu masing-masing berada di Ruang Srindit di Gedung Daerah Jalan Dipo­negoro, aula Kantor Dinas Cipta Karya dan Bina Marga Riau di Jalan SM Amin, serta aula Kantor Walikota Pekanbaru di Jalan Su­dirman.

Ada perbedaan antara tiga posko induk ini, dengan tiga posko yang telah didiri­kan sebelumnya. Bila posko sebelumnya dibangun khu­sus untuk balita, maka keti­ga posko induk ini ditujukan untuk semua kalangan usia dari masyarakat kurang mampu.

Terkait perubahan kon­disi udara di Riau, Kepala Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPPD) Riau Edwar Sanger menu­turkan, hujan lebat yang turun pada hari Sabtu ke­marin, turun di sejumlah wilayah, seperti Pangkalan Kerinci, Pera­wang, Pekan­baru, Dumai dan Siak. Se­dangkan hujan pada hari Minggu terjadi di Kerinci, Teluk Meranti, dan Dumai di daerah Bukit Ka­pur. “Alhamdulillah, hujan turun, namun asap kiriman masih ada,” ujarnya, Minggu (25/10).

Dijelaskan Edwar Sa­nger, walaupun hujan turun di sebagain wilayah Riau, tim Satgas Karlahut tetap tugas memadamkan api yang terpantau. Pada Ming­gu kemarin, tim Satgas me­mantau melalui udara, un­tuk melihat langsung dima­na titik api yang muncul.

3 Posko Evakuasi

Sementara itu, Pim­pi­nan Satkorlak Penang­gulangan Dampak Kabut Asap Kota Pekanbaru, Bur­han Gurning menuturkan, dibuka tiga posko induk evakuasi tersebut berda­sarkan keputusan Plt Gubri dan Walikota Pekanbaru.

“Ketiga gedung yang dijadikan posko induk eva­kuasi itu sudah dalam kon­disi siap siaga menampung warga yang menjadi korban asap,” ujarnya.

Diterangkannya, di tiga tempat itu, sudah disediakan berbagai fasilitas. Mulai dari ruangan ber-AC, pembersih udara (air purifier), tempat tidur, dan logistik lain ter­masuk konsumsi.

Ditambahkannya, baik Plt Gubri maupun Wali­kota PEkanbaru, sudah meng­intruksikan di setiap tingkat, sesuai kompetensi dan kewenangan, agar mem­buka posko di tiga tempat itu. “Seluruh fasilitas sudah tersedia dengan tim yang akan bersiaga selama 24 jam,” katanya.

Gurning menjelaskan bahwa, tiga Posko tersebut berbeda dengan posko eva­kuasi balita yang sudah ada di tiga kecamatan yaitu Sido­mulyo Tampan, karya Wa­nita Rumbai, dan Tena­yan Raya. Karena ketiga Posko itu hanya diperun­tukan bagi Balita saja, se­dang­kan tiga Posko induk di Kantor Gu­bernur, Kantor Walikota dan Dinas PU, diperun­tukan bagi semua kalangan dari keluarga mis­kin yang mem­butuhkan. (hr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 Mei 2016 - 03:21:38 WIB
    Peserta US Dievakuasi

    Dumai ‘Tenggelam’ Diguyur Hujan

    Dumai ‘Tenggelam’ Diguyur Hujan DUMAI, HALUAN — Peserta Ujian Sekolah (US) pada sejumlah SD di Kota Dumai terpaksa dievakuasi, karena ruang kelas terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Air parit meluap akibat hujan lebat yang mengguyur hingga delapa.
  • Jumat, 27 Februari 2015 - 19:29:27 WIB

    Riau Bakal Diguyur Hujan Buatan

    MARET, SIAGA DARURAT ASAP

    PEKANBARU, HALUAN — Pemerintah Provinsi Riau bersama Badan Penang­gulangan Bencana (BNPB) dan tim penang­gulan bencana kebakaran hutan dan lahan (karh.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]