Inflasi Sumbar Diprediksi 4-5 Persen


Senin, 26 Oktober 2015 - 20:35:48 WIB
Inflasi Sumbar Diprediksi 4-5 Persen

Ia menjelaskan, dam­pak “base effect” akibat laju inflasi yang terlalu tinggi di akhir 2014 karena kenaikan harga BBM sub­sidi berdampak signifikan pada penurunan laju inflasi November dan Desember tahun ini.

Selain itu, tekanan laju inflasi Sumbar dari sisi eksternal pada penghujung semester II tahun ini pun diprediksi cenderung me­ngalami penurunan.

Penurunan tersebut se­jalan dengan proyeksi dari “financial forescast center” yang menyebutkan bakal terjadinya penurunan harga emas dan minyak dunia di penghujung 2015.

Sementara, Kepala Bi­ro Perekonomian Sumbar War­darusmen menyam­pai­kan, Pemprov Sumbar telah menyiapkan “road map” pengendalian inflasi yang terintegrasi dan me­nye­luruh seperti kelem­bagaan.

“Meningkatkan konek­tivitas antar daerah, tata niaga, peningkatan pro­duksi komoditas pangan strategis sumber daya ma­nusia, teknologi, infras­truktur dan aturan terkait pengendalian infasi dae­rah,” katanya.

Tak hanya itu, im­buh­nya, TPID provinsi dan kabupaten/kota pun telah mengambil langkah nyata pengendalian inflasi dae­rah seperti pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan strategis.

“Beberapa waktu lalu ini pernah dilakukan gu­bernur, bupati dan wali kota. Di Padang, gubernur turun langsung ke pasar tradisional dan pusat per­dagangan pangan strate­gis,” paparnya.

Kemudian Dispe­rin­dag Sumbar, Biro Eko­nomi Provinsi dan Bagian Ekonomi Kota Padang meng­gelar pasar murah bagi sejumlah komoditas pangan, dengan harga di bawah harga pasar.

Sedangkan guna me­mastikan keamanan perse­diaan bahan pangan stra­tegis, lanjutnya, tim pe­ngen­dali meninjau lang­sung gudang distributor bahan pokok.

“Yang lebih penting adalah keterlibatan masya­rakat untuk menjaga kon­sumsi sesuai kebutuhan, sehingga harga tetap stabil,” katanya. (h/ans)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]