Cegah Dampak Asap, Pemko Padang Jangan Setengah-setengah


Senin, 26 Oktober 2015 - 20:46:53 WIB

Namun, meski ke­bija­kan meliburkan siswa telah diambil khusus di daerah Kota Padang, itu hanya berlangsung dua hari, yakni pada tanggal 23-24 Ok­tober lalu. Pada Senin ke­ma­rin, murid terlihat telah kembali bersekolah dan beraktivitas seperti biasa.

Hal tadi sangat dise­salkan oleh anggota DPRD Sumbar dari Dapil Padang, Yuliar­man. Dalam hal ini Yuliarman, yang juga anggota Komisi V DPRD Sumbar ini me­nilai Pemko Padang se­perti sete­ngah-setengah mengambil kebijakan da­lam mengatasi dampak kabut asap.

Sebelumnya, kata Yu­liarman, saat kualitas pen­cemaran udara berada di tingkat 300, sekolah dili­burkan. Sementara saat ku­alitas pencemaran udara hampir berada di angka 500 siswa dibiarkan berak­tivi­tas.

“Kebijakan yang diam­bil pemko tersebut sangat mengherankan sekali bagi saya, seharusnya ditunggu dulu sampai keadaan benar-benar kondusif, baru anak-anak dibolehkan kembali untuk bersekolah,” jelas anggota dewan dari Fraksi PPP tersebut.

Dikatakannya juga, dari laporan masyarakat, ia juga mengetahui, pada hari ke­marin, anak-anak masih dibiarkan pergi ke sekolah dan beraktivitas di tengah udara yang tak se­hat. Pada­hal di antara mereka, ada yang jadwal belajarnya dari pagi sampai sore.

“Bayangkan betapa baha­yanya jika mereka seharian di luar di tengah keadaan yang seperti sekarang,” tu­turnya

Sekaitan ini, ia mene­gaskan, menyikapi apa yang terjadi sekarang pe­me­rin­tah daerah seluruh ka­bu­paten/kota, dan khu­susnya Kota Padang, di­minta agar jangan main-main me­nyi­kapi per­so­­alan kabut asap. Karena bahaya dari asap ini akan berhu­bungan dengan nyawa atau jiwa masyarakat.

Pemko Padang melalui Dinas Pendidikan, menu­rutnya, mesti mengambil kebijakan untuk kembali meliburkan siswa.

Kemu­dian, dinas kese­hatan di­minta juga harus tanggap, melalui cara mem­bagikan masker, serta mem­berikan sosialisasi tentang peng­gunaaan masker yang stan­dar

“Jangan pula ditunggu sampai ada korban jiwa, setelahnya baru kita semua ribut-ribut. Pemko me­lalui SKPD terkaitnya ka­mi min­ta untuk me­ng­ambil kebi­jakan yang bisa menyela­matkan masya­rakat dari dampak kabut asap ini,” tegas Yuliarman. (h/mg-len)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]