Tujuh Puskesmas Perawatan Siaga 24 Jam


Senin, 26 Oktober 2015 - 20:47:27 WIB

“Penyuluhan dilakukan dari rumah ke rumah. Seluruh Puskel turun ke lapangan. Selain itu dokter juga turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan pendataan ISPA. Untuk hasil data ISPA tersebut belum dapat kami sampaikan karena hingga saat ini beberapa petugas masih menghitung hasil te­muannya,” kata Eka.

Selain itu, ia memastikan sebanyak tujuh puskesmas perawatan di Kota Padang bersiaga selama 24 jam untuk mengantisipasi warga yang mendapat gangguan kesehatan karena paparan kabut asap. Selain itu, petugas medis di 15 puskesmas lainnya diminta untuk standby dalam memberikan pelayanan kepada warga yang mengeluh sakit karena paparan kabut asap.

“Dari total 22 puskesmas di Kota Padang, tujuh di antaranya adalah puskesmas perawatan yang buka 24 jam untuk memberikan pelayanan selama status darurat kabut asap masih berlangsung. Ini sesuai dengan intruksi yang terdapat dalam surat edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi (Sumbar). Sedangkan 15 puskesmas lain yang non-perawatan, petugas medisnya kami minta untuk standby memberikan pelayanan” imbuh Eka.

Tujuh puskesmas perawatan yang ada di Kota Padang antara lain Puskesmas Air Dingin, Puskes­mas Padang Pasir, Puskesmas Bungus, Puskesmas Pauh, Puskesmas Seberang Padang, Puskesmas Lubuk Buaya dan Puskesmas Nanggalo. Ketujuh Puskesmas itulah yang diwajibkan buka selama 24 jam untuk melayani warga selama status darurat kabut asap di Kota Padang.

Nani, salah seorang warga Nanggalo mengatakan, petugas telah mengunjungi rumahnya untuk mem­berikan penyuluhan, membagikan masker serta memintanya untuk berwaspada selama kabut asap masih tebal di Kota Padang.

“Kalau keluar rumah saya diwajibkan membekali anak dan suami dengan masker. Banyak-banyak minum air putih dan makan buah-buahan. Selain itu kalau ada gejala penyakit karena asap, diminta langsung mengeceknya ke Puskesmas sini (Nang­galo, red),” jelasnya. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]