Gempa 7,5 SR Guncang Afghanistan


Senin, 26 Oktober 2015 - 20:50:16 WIB

Gempa ini berlangsung selama 1 menit dan meng­guncang sejumlah gedung di Kabul, Islamabad dan New Delhi. Ratusan orang yang panik berlarian keluar gedung menuju jalanan.

Menurut otoritas Pakis­tan, sedikitnya 12 orang tewas termasuk satu orang di kota Peshawar tewas akibat gempa bumi ini. Dituturkan kepala layanan darurat rumah sakit peme­rintah di Pakistan, Dr Mu­ham­mad Sadiq, lebih dari 100 orang luka-luka akibat gempa bumi ini.

“Banyak korban luka lai­nnya yang terus ber­data­ngan ke rumah sakit. Banyak orang yang dilaporkan ma­sih terjebak di bawah rerun­tuhan,” tutur Sadiq kepa­da AFP.

Belum diketahui korban jiwa maupun korban luka dari wilayah lainnya.

Gempa bumi ini terjadi selang 6 bulan setelah Nepal diguncang gempa dahsyat pada 24 April lalu, yang dilaporkan menewaskan 9 ribu orang dan meng­han­curkan 900 ribu rumah. Wilayah pegunungan di Af­gha­nistan dikenal sebagai wila­yah seismik aktif. Gem­pa bumi terjadi sebagai dam­­pak dari gesekan lem­peng sub-benua India de­ngan lempeng Eurasia. Ge­se­kan tersebut bisa memicu pele­pasan energi yang besar dan bersifat meng­han­cur­kan. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 07 Desember 2016 - 17:39:14 WIB

    Gempa Pidie Jaya, Layanan XL Tetap Normal

    Gempa Pidie Jaya, Layanan XL Tetap Normal ACEH, HALUAN—Terkait terjadinya gempa di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam pada Rabu pagi (7/12). Dalam rilis yang diterima harianhaluan. XL turut menyampaikan duka cita yang mendalam kepada masyarakat .
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:39:18 WIB

    Gempa Dua Pekan Lalu Tak Berdampak pada Tingkat Hunian Hotel di Padang

    PADANG, HALUAN — Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat (Sumbar) belum melihat dampa gempa Mentawai dua pekan lalu terhadap tingkat hunian hotel di Kota Padang..
  • Kamis, 17 September 2015 - 19:46:45 WIB

    Gempa Dahsyat 8,3 SR Guncang Chile

    5 TEWAS, 1 JUTA WARGA MENGUNGSI

    SANTIAGO, HALUAN — Gempa bumi berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) mengguncang Chile. Sekitar 1 juta warga setempat mengungsi dari rumah m.

  • Ahad, 26 Juli 2015 - 19:09:57 WIB

    Gempa Pakistan, 3 Orang Tewas

    ISLAMABAD, HALUAN Sedikitnya tiga orang tewas akibat gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter yang melanda Pakistan. Terdapat seorang anak di antara korban tewas ini.

    Seperti d.

  • Rabu, 10 Juni 2015 - 18:51:22 WIB

    Korban Gempa Jadi 18 Orang

    2 LAGI JASAD DITEMUKAN

    KUALA LUMPUR, HA LUAN — Jumlah korban jiwa akibat gempa yang meng­­guncang Gunung Kina­balu di Sabah, Malaysia telah bertambah menjadi 18 orang. Ini dik.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]