Singapura: ASEAN Agar Ambil Tindakan Tegas


Senin, 26 Oktober 2015 - 20:50:46 WIB

“ASEAN harus mengambil tindakan tegas dan keras, le­wat peningkatan kerjasama regional, guna mencegah teru­langnya masalah lintas perbatasan ini,” demikian per­nyataan Kementerian Luar Negeri Singapura, MFA se­perti dilansir kantor berita AFP, Senin (26/10/2015).

“Singapura akan bekerjasama secara erat dengan negara-negara ASEAN lainnya untuk sepenuhnya mengoperasikan Sistem Monitoring Asap ASEAN, dan gagasan-gagasan kooperatif lainnya,” demikian disampaikan MFA.

Dikatakan MFA, Singapura akan menempuh tindakan hukum terhadap perusahaan-perusahaan yang bertanggung jawab atas kabut asap tersebut. MFA pun mendesak Indonesia untuk merespons “permintaan kami yang berulang-ulang untuk membagi informasi” mengenai perusahaan-perusahaan pembakar hutan.

Singapura termasuk salah satu negara ASEAN yang mengalami dampak parah kabut asap dari Indonesia. Otoritas setempat sebelumnya telah meliburkan sekolah-sekolah di negeri itu dikarenakan kabut asap ini. Selain Singapura, kabut asap ini telah hinggap di Malaysia, Thailand dan Filipina. (h/dtc)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]