Harga Tomat Melambung


Selasa, 27 Oktober 2015 - 19:37:47 WIB

“Saya berladang tomat dan cabai disekitar rumah. Sejak kabut asap yang se­makin menjadi ini, tanaman tomat saya tidak subur dan gagal karena tidak terkena sinar matahari. Tidak ba­nyak yang bisa dipanen dan terpaksa harganya menjadi naik,” ungkapnya pada Ha­luan, Kemarin.

Sementara itu, Pantauan Haluan, Selasa (27/10) di Pasar Raya Padang harga tomat memang naik. Bia­sanya, harga tomat bertahan dikisaran harga Rp5.000-Rp6.000 per kg tergantung ukuran. Tidak saja harganya yang murah, stokpun me­limpah. Namun, sudah ham­pir satu pekan ini harga tomat terus naik mencapai Rp10.000-Rp12.000 per kg dengan stok terbatas.

“Saat ini harga tomat memang melambung dan stoknyapun terbatas,” kata Pedagang Sembako Ujang.

Dikatakannya, penye­bab tomat naik adalah kare­na kabut asap yang ber­kepanjangan dan membuat tomat tidak terkena sinar matahari. “Banyak petani yang menjerit sekarang ka­rena kabut asap ini,” lan­jutnya.

Disamping itu, hal se­nada dikatakan juga oleh Penjual jus yang mengalami kelangkaan tomat. Seperti kafe Bunda yang menye­diakan berbagai aneka jus namun saat ini stok to­matnya terbatas.

“Biasanya untuk mem­buat jus tomat ini bisa dipa­kai tiga sampai empat tomat untuk satu jusnya. Namun sekarang terpaksa harga jus tomat sedikit dinaikkan,” terang Bunda saat ditanyai Haluan, Selasa (27/10).

Akibat kabut asap yang berkepanjangan ini mem­buat berbagai pihak me­ngeluh dan merasa rugi. Mulai dari petani, pedagang hingga masyarakat harus menanggung resikonya. (h/mg-win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM