Masyarakat Diimbau Menggunakan Masker


Selasa, 27 Oktober 2015 - 19:40:42 WIB

“Cukup banyak ma­sya­rakat yang berada di luar rumah yang tidak meng­gunakan masker. Padahal efek yang bisa ditimbulkan kabut asap tersebut sangat membahayakan kesehatan. Kami turut mengimbau agar masyarakat menggunakan masker apabila keluar ru­mah,” katanya.

Menurut Yunaidi, se­karang merupakan kondisi terparah, sebab tidak per­nah sebalumnya terjadi di wilayah Lubuk Basung dan sekitarnya kabut sepekat sekarang. ”Biasanya kabut Asap memang terjadi ham­pir setiap tahun, namun sekarang merupakan kon­disi paling parah. Yang jelas kabut asap yang ditim­bul­kan dari kebakaran lahan dan hutan akan berdampak bagi kesehatan,” katanya.

Dikatakannya, kadar ok­sigen yang tidak wajar k­arena udara tercemari po­lusi kebakaran hutan akan dapat menimbulkan ber­bagai macam penyakit se­perti ISPA, Pneumonia, iritasi mata, dan iritasi kulit. “Kita memerlukan kadar oksigen yang cukup, bila terdapat partikel yang ku­rang sehat seperti kabut asap sekarang ini, akan menga­kibatkan kadarnya oksigen akan turun,sehingga per­nafasan terganggu,” jelas­nya.

Untuk itu diingatkan dan diimbau kepada masya­rakat agar jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting. Tetapi jika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah agar menggunakan masker dan kacamata untuk menghindari kontak lang­sung dengan kabut asap. Apabila di dalam ru­mah mempunyai AC, hidup­kan­lah upayakan tidak me­nam­bah sumber asap lain, seperti merokok, memasak dengan kayu dan lain-lain.

“Yang paling tidak kalah penting adalah menye­dia­kan obat-obatan apabila sudah memiliki riwayat penyakit lain. Sediakan ada obat-obat yang biasa Anda konsumsi tersedia di rumah untuk beberapa hari. Kemu­dian jangan lupa istirahatlah yang cukup,  perbanyak minum air putih,” pung­kasnya. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 September 2020 - 10:10:59 WIB

    DPRD Mentawai Ajak Masyarakat Pahami Perda AKB

    DPRD Mentawai Ajak Masyarakat Pahami Perda AKB HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi III DPRD Mentawai, Syafridin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memahami dan mematuhi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang disosiali.
  • Senin, 28 September 2020 - 18:06:22 WIB

    Gubernur: Nagari Ujuk Tombak Memberikn Pelayanan ke Masyarakat

    Gubernur: Nagari Ujuk Tombak Memberikn Pelayanan ke Masyarakat HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan semua peran dari Nagari/Desa terhadap masyarakat, bahkan disebut sebagai ujung tombak sebagai garda terdepan memberikan pelayanan kepada masyarakat ada di Nagari at.
  • Ahad, 27 September 2020 - 21:44:54 WIB

    Kompak Dukung Mulyadi Jadi Gubernur Sumbar, Masyarakat Pessel Ingin Perubahan

    Kompak Dukung Mulyadi Jadi Gubernur Sumbar, Masyarakat Pessel Ingin Perubahan HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur dan Wakil Guubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi-Ali Mukhni mendapat dukungan untuk memimpin Ranah Minang dari masyarakat Pesisir Selatan (PesSel). Masyarakat menginginkan adanya perubahan.
  • Ahad, 27 September 2020 - 12:54:37 WIB

    DLH Sumbar Berharap Alat Pengolahan Sampah Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat

    DLH Sumbar Berharap Alat Pengolahan Sampah Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat HARIANHALUAN.COM - Dasawisma Dahlia 1 di Kota Bukittinggi binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar mendapatkan perhatian dari pihak BUMN. Perhatian itu berupa 20 paket alat pengolahan sampah, yakni tempat sampah terpilah, t.
  • Sabtu, 26 September 2020 - 18:52:04 WIB

    Mulyadi Disebut Cagub yang Suka Membantu Masyarakat

    Mulyadi Disebut Cagub yang Suka Membantu Masyarakat HARIANHALUAN.COM - Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi dikenal suka membantu masyarakat. Terutama masyarakat kecil yang hidup dalam kesulitan. Hal itu dibuktikan oleh Mulyadi saat membantu para petani, nelayan, hin.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]