Kodim 0311 Tanam 25 Ribu Pohon Mangrove


Selasa, 27 Oktober 2015 - 19:42:39 WIB

“Pohon mangrove ini nantinya akan berdampak langsung kepada ekosistem muara dan pantai. Selain untuk menahan abrasi, berbagai jenis ikan juga akan berkembang dan tentunya akan mening­katkan kese­jahteraan masyarakat, ter­utaman nelayan,” katanya.

Koordinator Lapangan aksi pena­naman, Kapten Amat Sapri menyebutkan, pihaknya menerjunkan 100 orang personil untuk penanaman mangrove di Amping Parak. Selain anggota TNI, kegiatan ini juga meli­batkan Persitkartika Kodim 0311, Dinas Kelautan dan Perikanan Pessel dan Pemerintah Nagari, serta masyarakat. Secara khusus, kegiatan ini melibatkan Kelompok Laskar Pemuda Peduli Lingkungan Amping Parak.

“Sementara untuk memberikan pen­di­dikan kepada generasi muda, Kodim juga mengundang siswa SLTA di Sutera untuk ikut menanam mangrove,” ungkap Amat Sapri yang juga Danramil Batang Kapas tersebut.

Disebutkan, sebelumnya juga telah dimulai pena­naman cemara laut yang ditanam pada lahan 1,7 hektare sebanyak 2.500 batang. Program penghijauan pantai tersebut bersumber dari APBN 2015. Untuk Amping Parak mendapat 27.500 bibit vegetasi pantai, yang terdiri dari cemara laut dan mangrove.

“Kami meminta seluruh warga ikut menjaga tanaman ini. Banyak manfaat yang akan diperoleh oleh masyarakat di sini sekiranya tanaman ini tumbuh dan terpe­lihara. Misalnya kawasan ini akan jadi indah dan juga akan membuat ikan senang berkembang biak,” katanya.

Walinagari Amping Parak Bustami me­nye­butkan, sebelumnya Pemuda Am­piang Pa­rak, Kecamatan Sutera telah pula me­la­kukan penghijauan dan perawatan pan­tai de­ngan swadaya. Pantai sepanjang 1,7 kilo me­ter yang berada di kawasan Pa­sar Am­ping Parak selain sudah mulai be­rangsur hijau rencananya juga diper­siap­kan sebagai lokasi konservasi penyu. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]