1.888 Siswa SD Se Nanggalo Terserang ISPA


Selasa, 27 Oktober 2015 - 19:52:28 WIB

Pihak Puskesmas me­n­­dapatkan data bahwa 1.888 dari 3.387 siswa SD terserang ISPA. Jumlah yang terdata oleh pihak puskesmas sangat me­nge­jutkan, karena bisa dika­takan hampir 50 % siswa sekolah se-Kecamatan Na­n­­g­galo mengidap ISPA karena terpapar kabut as­ap.

ISPA yang dirasa ol­eh siswa SD masih da­lam tahap ringan. Hal ini di­ungkapkan oleh dr. Fitri selaku salah seo­rang d­o­­­­­­k­­­­­­­ter yang ber­tugas di Pusat Kesehatan Mas­yarakat (Pus­kesmas) Na­nggalo.

“Kami dari pihak pus­kesmas turun langsung ke SD-SD yang ada di Ke­camatan Nanggalo. Kami banyak menemukan siswa yang mengeluh sakit teng­gorokan, batuk, dan flu, walaupun ciri-ciri ini ma­sih dalam tahap terpapar ISPA ringan,” katanya.

Namun, lanjut Fitri, pihaknya tidak mem­biar­kan hal ini berlarut-larut, karena ditakutkan kalau ini tidak ditangani cepat, maka akan berdampak tidak baik bagi tubuh anak-anak.

“Setelah kami men­dapatkan data, kami me­minta agar siswa SD yang terpapar ISPA untuk se­gera memeriksakan diri lebih lanjut ke Puskesmas. Setiap siswa SD yang me­ngeluhkan adanya gang­guan ISPA maka kami segera menanganinya de­ngan gratis, tanpa harus mengeluarkan biaya,” ka­tanya.

Melihat kondisi se­per­ti ini pihak puskesmas Nanggalo langsung me­lakukan sosialisasi dengan menggunakan mobil pe­ngeras suara agar warga mengurangi aktifitas di luar rumah dan tetap meng­gunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah. Pihak Puskesmas juga siap menerima pasien 24 jam kalau seandainya ada pa­sien ISPA memerlukan penanganan yang serius. (h/mg-bay)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]