Dua Cagub Sumbar Sepakat Majukan Ekonomi Kerakyatan


Selasa, 27 Oktober 2015 - 19:58:50 WIB

Sesi pertama dialog dia­wali penyampaian pan­da­ngan ekomomi kerak­yatan masing-masing cagub dan cawagub. Me­nurut Muslim Kasim, Bu­kittinggi sebagai kota wisata sangat berpo­tensi untuk pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Setiap orang yang ber­kunjung ke Bukittinggi bisa membawa kerupuk kulit, kerupuk sanjai dan seb­a­gai­nya. Untuk itu, pembinaan ekonomi kerakyatan bisa dilakukan melalui pem­berian kredit KUR dan sebagainya,” katanya.

Sedangkan Cagub Irwan Prayitno mengatakan, se­lama ini masyarakat sudah berusaha maksimal tetapi hasilnya masih pas-pasan. Untuk pengembangan, me­reka bisa diberikan KUR, HPE dan sebagainya. Ca­wagub Nasrul Abit meman­dang ekonomi kerakyatan di Bukittinggi sangat ber­kem­bang, karena faktor daerah sangat menen­tukan.

Dalam dialog ini, kedua pasangan calon gubernur juga menyatakan komitmen masing-masing untuk mem­bina ekonomi kerakyatan. Cagub Irwan menyebutkan, para pengusaha kecil/me­nengah perlu dibantu dari segi pemasaran, packaging dan alat produksi. Sedang­kan Cagub Muslim Kasim menyebutkan, perlunya ke­ber­pihakan kepada rakyat dalam aktivitas usahanya.

Sementara itu, Ketua KPU Sumbar Amnasmen dan Komisioner Noval In­dra berharap, Pilkada se­rentak di Sumbar berjalan aman dan kondusif serta ter­hindar dari tindakan money politic dan se­bagainya.

Masyarakat harus mem­bangun paradigma bahwa tanggal 9 Desember itu adalah suatu kegembiraan bagi me­reka. Khusus di Bukittinggi, masyarakat bisa me­nyem­patkan diri ke TPS terlebih dahulu, se­belum mengerjakan ak­tivi­tas yang lain.

Amnasmen juga me­ngim­­bau masyarakat agar beramai-ramai datang ke TPS untuk memilih pe­mim­pinnya. Ia juga ber­harap, pilkada berlangsung bersih dan aman, dan tidak ada perbuatan yang dapat menciderai proses de­mok­rasi di Sumbar ini. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]