Tersangka Kasus Korupsi Jaringan PDAM Ditahan


Selasa, 27 Oktober 2015 - 20:00:49 WIB

Sebelumnya, tersangka Khosan Kasitdi sakit saat akan ditahan bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Padang Pariaman, Zainir dan Pejabat Penanggungjawab Teknis Kegiatan (PPTK) Oyer, Kamis (15/10) yang lalu.

Kepala Kejari Pariaman, Yulitaria melalui Kasi Pidana Kusus (Pidsus), Resmen kepada wartawan me­nye­but­kan, tersangka Khosan Kasitdi sudah dititipkan di LP Karan Aua Kota Pa­riaman.

“Khosan Kasitdi dila­kukan penahanan dalam masa penyidikan dan dalam waktu dekat berkas kasus ini akan dilimpahkan untuk di­sidangkan,” ujar Resmen.

Dia menjelaskan, dalam kasus ini Khosan Kasitdi di­duga telah melakukan ko­rupsi pada proyek pem­bangunan jaringan PDAM Asam Pulau, Lubuk Alung. Tersangka dalam kasus ini selaku rekanan telah mau mengembalikan uang keru­gian negara sebesar Rp1,9 milliar lebih. Sedangkan, dua tersangka Zainir dan Oyer belum ada me­ngem­balikan uang tersebut.

Dalam kasus ini katanya, juga telah dilakukan pe­meriksaan sekitar tiga puluh orang saksi. tersangka di­duga melanggar pasal 2, pasal 3, pasal 8, pasal 9 dan pasal 18 Undang-undang (UU) no­mor 31 tahun 1999 junto UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi de­ngan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Zainir, Oyer dan Kho­san Kasitdi ditetapkan seba­gai tersangka sejak 15 Mei 2015 lalu. Dan ket­i­ganya telah menjalani proses pe­me­riksaan yang cukup pan­jang. Ketiga tersangka ini diduga bertanggung jawab atas du­gaan kerugian ke­uangan negara mencapai Rp4,6 milliar dari proyek PDAM tahun anggaran 2011 ter­sebut. (h/bus)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]