DPRD Sijunjung Gusar


Selasa, 27 Oktober 2015 - 20:01:20 WIB

Namun, katanya, hingga kemarin, SK untuk Plh Ka­bu­paten Sijunjung belum dikeluarkan. Begitu juga untuk jabatan Pj bupati, sampai hari yang sama be­lum ada sosok yang resmi ditunjuk sebagai Pj bupati di daerah tersebut.

Menurut Das­wan­to, ke­ter­lambatan pe­lan­tikan me­m­­­­buat realisasi APBD-P Si­junjung terganggu. Padahal pembahasan APBD-P Ka­bu­paten telah selesai oleh DPRD sekitar satu bulan yang alu.

“Tapi karena tak ada kepala daerah yang akan menandatangani Ranperda tentang APBD-P, hingga sekarang realisasi program tak satupun yang bisa di­jalan­kan. Ini sangat kami sesalkan sekali. APBD awal saja belum semuanya ter­serap, sekarang APBD –P perubahan juga terkendala,” keluh Daswanto.

Karena jabatan Bupati belum terisi,  lanjutnya, untuk sementara tugas-tu­gas pemerintahan memang diserahkan pada Plh yang di pegang oleh Sekda Kabu­paten Sijunjung. Namun, karena belum memiliki SK Plh juga tak bisa berbuat banyak dalam melak­sana­kan wewenangnya.

“Karena tak ada SK, ten­tu­nya Sekda yang berstatus Plh juga tak punya ke­be­rani­an mengambil kebijakan apa-apa. Dan ini sangat ber­pengaruh pada kami di Ka­bu­paten Sijunjung, realisasi anggaran kami akan jauh tertinggal dibanding daerah lain, dan roda pemerintahan kami menjadi stagnan” pa­par Daswanto.

Hal senada juga di­sam­pai­­kan Anggota Komisi I DPRD Sijunjung, Junaidi. Menurutnya  dengan be­lum dilalantiknya Pj Bupati di daerah itu, efeknya tak akan hanya berkaitan de­ngan realisasasi anggaran di APBD, tapi juga pada ke­percayaan masyarakat ter­hadap kinerja pemerintahan.

Menanggapi ini, Ketua Komisi I DPRD Sumbar, Marlis menuturkan, dia sudah menghubungi Pj Gu­bernur Sumbar, Rey­don­nyzar Moenek.

Reydonnyzar Moenek telah mengkorfimasi peri­hal yang menyebabkan pe­lantik­an Pj Bupati Sijunjung terlambat. Ini karena  ia yang juga masih menjalani tugas sebagai Dirjen Ke­uangan dan Anggaran Dae­rah memang terbilang sibuk menjalankan dua wewenang sekaligus.

Namun, Pj gubernur memastikan selambat-lam­batnya tanggal 2 November pe­lan­ti­kan Pj Bupati Si­junjung telah dilakukan.

Menyangkut SK  Plh yang belum dikeluarkan, sudah ditandatangi Pj gu­bernur dan segera dikirim ke Sijunjung.

Alwis Pj Bupati Pessel

Sempat tertunda lama, pelantikan Pj Bupati Pesisir Selatan dijadwalkan dilan­tik hari ini (28/10) di Audi­torium, Gubernuran Sum­bar. Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Al­wis diambil sumpahnya oleh Pj Gubernur Sumbar Rey­don­nyzar Moenek me­njadi Pj Bupati Pessel.

Kepala Biro Pe­merin­ta­han Setdaprov Sumbar Mar­­di dihubungi kemarin me­nga­takan, Surat Ke­pu­tusan (SK) untuk Pj Bupati Pessel telah dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  SK ini nantinya akan diikuti dua SK lainnya untuk Pj Bupati Sijunjung dan Pa­dang Pariaman.

“Tanggal 2 November pelantikan Pj Bupati Si­jun­ jung dan Padang Pariaman,” terangnya.

Agenda pelantikan ini dikuatkan oleh Kasubag Pem­beritaan Humas Set­daprov Sumbar Fadhli Ju­naidi. Menurut Fadhli, Hu­mas sudah menerima un­dang­an pelantikan dari Se­nin lalu. Dalam undangan ter­sebut direncanakan pelanti­kan akan dilakukan pada pukul 16.00 WIB. (h/mg-len/mg-isr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]