Tol Padang-Bukittinggi Dianggarkan Rp8 Triliun


Selasa, 27 Oktober 2015 - 20:02:31 WIB

“Insya Allah kita akan bangun jalan tol Padang-Bukittinggi. Tadi saya sudah bicara dengan Dirut PT Semen Padang Benny Wen­dry, dan Dirut PT Hutama Karya, I Gusti Ngurah Put­ra,” kata Rini Soemarno, ketika berkunjung ke PT Semen Padang, di Padang, Selasa (27/10).

Rini berada di Semen Padang dalam kunjungan dua hari ke  Sumbar, sejak Senin (26/10). Dalam kunjungannya itu, Rini Soemarno berkesempatan me­ngunjungi Kota Wisata Bu­kit­ting­gi, dan bermalam di sana. Di Bukittinggi, Rini Soemarno melakukan peninjauan rencana pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi, Selasa pagi. Pada siangnya, Rini meninjau Pelindo II di Padang, dan selanjutnya PT Semen Padang dan BIM.

Menteri BUMN mengatakan, untuk mewujudkan jalan tol Padang-Bukittinggi, lebar jalan yang harus dibebaskan idealnya minimal 60 meter, bahkan Pre­siden minta 120 meter. Se­men­tara yang baru dibebaskan saat ini baru 30 meter.

“Saya sudah tinjau langsung ke Sicincin sepanjang 17 kilo­meter sudah dibebaskan, masih ada sekitar 11 kilometer lagi namun sudah persiapan pem­bebasan lahan. Jika tuntas dalam dua bulan akhir tahun mulai dikerjakan dari Padang,” kata Rini. Menteri mengatakan, kalau dari Padang menuju Sicincin pelebarannya bisa cepat maka diharapkan dalam 12 bulan akan rampung.

Ia berharap pada kuartal pertama 2017 untuk rute Padang menuju Sicincin sudah rampung. Sedangkan untuk dari Sicincin menuju Bukittinggi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan dilakukan pengkajian ulang kare­na beberapa area kemungkinan menggunakan terowongan.

Dirut PT Hutama Karya,  I Gusti Ngurah Putra mengatakan akan membicarakan rencana pembangunan jalan Tol Padang-Bukittingi dengan Menteri PU.

“Kita akan bicarakan dengan Menteri PU, karena  sampai saat ini Hutama Karya belum men­dapatkan hak pengusahaan atau konsesinya  dari pemerintah,” katanya.

Seperti diketahui, pe­merintah memberikan konsesi jalan tol Trans Sumatera selama 40 tahun kepada PT Hutama Karya se­bagai pelaksana proyek. Aturan main ini tertuang dalam Ran­ca­ngan Peraturan Presiden (Per­pres) tentang Percepatan Pem­ba­ngu­­­nan Jalan Tol di Pulau Suma­tera.

Hak konsesi yang melekat pada badan usaha milik negara (BUMN) karya tersebut adalah dalam rangka melaksanakan penugasan pemerintah untuk membangun empat ruas jalan bebas hambatan di pulau ber­julukan Andalas itu. Keempat ruas tol itu: Medan–Binjai, Pa­lem­­bang–Indralaya, Pekanbaru–Kandis–Dumai, dan Bakauheni–Terbanggi Besar. Total pan­jang­nya mencapai 322,98 kilometer.

Jalan tol Padang-Sicincin adalah bagian dari jalan Trans-Sumatera yang menghubungkan Padang, Sumatera Barat dengan Dumai, Riau melewati Lembah Anai, Padang Panjang terus me­nuju Bukittinggi dan bersambung dengan kelok sembilan di Pa­yakumbuh.

Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Permukiman Sumbar Suprapto mengatakan pembangunan jalan tol tidak perlu panjang-panjang, sebab sulit dalam pemeliharaannya.

Biasanya tol itu cukup 3 kilometer saja lalu disambung jalan negara atau jalan provinsi, lalu tol lagi dan begitu seterusnya.

Pembangunan jalan tol Pa­dang-Bukittinggi memang sangat dibutuhkan. Jalan ini merupakan jalur utama yang akan meng­hubungkan Sumbar dengan Riau dan Sumut. Selama ini jalan Padang-Bukittinggi sering me­ngalami kemacetan terutama pada saat libur lebaran.

Peluang Pasar

Saat berkunjung ke Semen Padang, Rini Sumarno juga me­ngatakan bahwa dia melihat ke depan banyak pembangunan dilakukan. Karena itu, partisipasi dari  PT Semen Indonesia (Per­sero), Tbk   sangat besar. “Pe­luang ini harus betul-betul di­manfaatkan untuk me­ningkatkan pangsa pasar,” kata Rini.

Disadari saat ini, lanjut Rini, banyak perusahaan semen asing yang membangun pabriknya di Indonesia. “PT Semen Indonesia harus mengejarnya. Oleh  karena itu, saya mendorong Dirut PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, untuk membangun pabrik di Kupang, dan Pidie, karena po­tensinya besar,” katanya.

Pemerintah, katanya, tengah menyelesaikan pembangunan jalan tol Trans Sumatera dari Bakauheni. “Ini  merupakan proyek besar, saya tidak rela  semen yang dipakai untuk mem­bangun proyek pemerintah ini,  berasal  dari semen lain,” tam­bahnya.

“Kemarin  dipaparkan ba­gaimana BUMN-BUMN  sela­ma 1 tahun ini melakukan pem­bangunan, terutama pemba­ngu­nan  jalan tol  Trans Sumatera. Penugasan (konsesi) untuk pem­bangunan ini diberikan kepada PT Hutama Karya.  Kalau ba­pak-bapak lihat pada September ini penjualan semen naik,  maka bapak-bapak perlu berterima kasih pada Pak Dirut Hutama Karya. Karena Hutama Karya bersama BUMN lainnya  sedang membangun  ruas jalan Tol Trans Sumatera yang meliputi ruas Jalan Tol Medan-Binjai, ruas Jalan Tol Palembang-Simpang Indralaya, ruas Jalan Tol Pe­kanbaru-Dumai, dan ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Saya yakin, semennya dari Semen Padang, laporannya begitu,” kata Menteri BUMN.

Hadir pada kesempatan itu, Direktur Utama PT Semen Indo­nesia (Persero), Tbk, Suparni, Direktur Produksi PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, Johan Samudra, Dirut PT Semen Pa­dang Benny Wendry, Direktur Produksi Semen Padang Agus B Nurbiantoro,  Direktur Keu­angan Semen Padang Tri Hartono Rianto, Direktur Komersil Se­men Padang, Pudjo Suseno, Ko­misaris Utama PT Semen Pa­dang Djamari Chaniago, Ko­misaris Semen Padang, Basril Basyar,  Eddy R Rasyid dan  Suharto. Juga hadir, Anggota Komisi VI DPR Refrizal, peja­bat eselon 1  Kementerian BU­MN RI, Sekretaris Kementerian BUMN, Deputi Pertambangan Industri Strategis, Deputi Bidang Agro dan Farmasi, Staf Khusus Menteri BUMN RI, dan Dirut PT Pelindo II RJ Lino.

Di PT Semen Padang, Ment­eri BUMN Rini Sumarno berke­sempatan meninjau proyek In­darung VI yang saat ini dalam proses pembangunan.

Dirut PT Semen Padang Ben­ny Wendry melaporkan,  proyek Indarung VI Ground Breaking dilaksanakan pada 26 Mei 2014. Proyek Indarung VI saat ini dengan realisasi fisik 65,84 % dengan rencana finish pada kuartal IV  2016. Proyek senilai  Rp3,8 trliun itu sudah 81,09 %  terkontrak dan 40,35 % telah terbayarkan. (h/rel/met)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 11 Mei 2020 - 17:22:33 WIB

    Miris! Program Pemko Padang Tak Didukung Pedagang, Tes Swab dan Penutupan Pasar Ditolak Mentah-mentah

    Miris! Program Pemko Padang Tak Didukung Pedagang, Tes Swab dan Penutupan Pasar Ditolak Mentah-mentah Dinas Perdagangan Kota Padang segera melakukan tes swab terhadap pedagang dan melakukan penutupan sementara Pasar Raya Padang. Penutupan itu disinyalir untuk mencegah penyebaran covid-19 di kawasan tersebut..
  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 19:24:52 WIB

    Tolong! Jangan Gunakan Lagi Pohon untuk Beriklan

    Tolong! Jangan Gunakan Lagi Pohon untuk Beriklan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Komunitas pegiat lingkungan, Sumbar Hijau melakukan gerakan peduli lingkungan berupa aksi cabut paku di pohon dan kampanye peduli sampah di GOR Haji Agus Salim Padang..
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 15:01:08 WIB

    Pemuda Kelurahan Flamboyan Tolak Segala Bentuk Kekerasan

    Pemuda Kelurahan Flamboyan Tolak Segala Bentuk Kekerasan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemuda Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, menolak segala bentuk kekerasan dan kerusuhan serta cinta NKRI dalam menyikapi pelaksanaan dan hasil sidang Perselisihan Hasil P.
  • Senin, 20 Mei 2019 - 22:13:50 WIB

    Tokoh Agama di Padang Ini Tolak People Power

    Tokoh Agama di Padang Ini Tolak People Power PADANG, HARIANHALUAN.COM-Penolakan terhadap gerakan people power, juga dilakukan oleh Pendeta Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang ada di Kota Padang. Karena menurutnya gerakan tersebut meresahkan masyarakat..
  • Ahad, 19 Mei 2019 - 12:36:52 WIB

    Ketua Pemuda di Padang Ini Tolak Gerakan People Power

    Ketua Pemuda di Padang Ini Tolak Gerakan People Power PADANG, HARIANHALUAN.COM-Ketua Pemuda Kampung Tarandam, Kelurahan Tarandam, Kota Padang, menolak terhadap gerakan people power yang rencananya akan dilakukan pada 22 Mei 2019 nanti..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]