Mengatur Waktu bagi Ibu Bekerja


Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:26:35 WIB
Mengatur Waktu bagi Ibu Bekerja

“Jika seorang ibu bekerja pulang ke rumah dan meng­habiskan waktu 45 menit untuk bermain sebelum makan malam dan tidur, itu sudah cukup,” ujarnya. “Yang paling penting waktu mereka dihabiskan untuk aktivitas bersama anak,” tambahnya.

Baca Juga : 10 Game PC Gratis Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Ini Daftarnya

Waktu yang singkat ter­se­but dapat dimanfaatkan dengan baik jika Anda me­miliki sedikit perencanaan. Bagaimana caranya? Se­perti dikutip Career Advice. Monster ini beberapa tips yang bermanfaat bagi Anda yang bekerja.

Memikirkan Menu Ma­kanan dari Malam sebe­lumnya

Baca Juga : Dear Ladies, Begini Naik Motor yang Aman dan Menyenangkan

Tentunya Anda ingin anak tetap sehat dengan menjaga makanan yang di­kon­sumsi. Agar si kecil mendapatkan menu sehat dan kebersihan makanan tetap terjaga, memasak sen­diri adalah cara yang paling tepat. Untuk mem­per­sing­kat waktu ketika masak, tentukan menu yang akan dimasak dari malam se­belumnya dan pastikan An­da telah memiliki bahan-bahannya.

Ajarkan Si Kecil untuk Mandiri

Baca Juga : Jangan Sampai Dehidrasi saat Berpuasa, Bisa Merusak Mood Anda

Ini tergantung dari umur si kecil, jika dia telah me­nginjak umur 6 atau 7 tahun, Anda bisa mengajarkannya untuk mandi dan memakai baju sendiri. Sehingga Anda tidak ter­lalu banyak me­­ngurus ke­pe­r­lu­an­nya untuk berangkat sekolah. Anda tinggal menyiapkan be­kal­nya. Begitu pun untuk ura­san makan, sejak balita ajar­kan si kecil untuk bisa ma­kan sendiri.

Makan Malam Bersama

Baca Juga : Telkomsel Hadirkan Solusi Keamanan bagi Para Pelaku Bisnis dan Pelanggannya

Usahakan makan ma­lam bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Buatlah makanan sekali banyak. Misalnya saja Anda membuat sayur cap cay, jangan hanya mem­bu­atnya untuk satu kali makan. Siap­kan untuk dua kali makan, makanan yang belum di­makan, bekukan di kulkas. Dengan melakukan hal ter­sebut, Anda menjadi lebih menghemat waktu dalam urusan menyiapkan maka­nan untuk keluarga.

Merencanakan Waktu Kerja

Usahakan tidak meng­ambil waktu lembur. Jika harus telat datang ke kantor atau diminta lembur oleh atasan, komunikasikanlah dengan atasan Anda. Misal­nya ketika anak sedang sakit dan Anda harus meng­antar­kannya ke dokter, jangan segan untuk meminta izin ke bos jika Anda harus datang telat atau pamit untuk pu­lang.

Memiliki Waktu Berkualitas

Meskipun hanya memi­liki waktu sedikit untuk keluarga. Jadikanlah per­temuan antar anggota kelu­ar­ga berkualitas. Renca­nakan untuk berpergian di akhir pekan atau menonton film bersama. Setelah pu­lang kerja Anda juga dapat menemani si kecil untuk mengerjakan PR-nya.

Punya Waktu untuk Diri Sendiri

Segudang aktivitas yang dijalankan, membuat Anda tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Cara untuk tetap bisa bersosialisasi dengan teman dan bisa meman­jakan diri adalah dengan mengikutsertakan si kecil. Anda bisa mengajak si kecik ke rumah teman Anda yang juga memiliki anak sebaya dengan anak Anda. Sehingga si kecil juga bisa ikut ber­sosialisasi.

Bisa juga me­ngajaknya ke salon. Agar dia tidak bosan, ikut sertakan si kecil dalam perawatan yang cocok dengannya. Misalnya menicure dan pedicure, tentunya si kecil akan se­nang ketika kukunya diberi warna.

Tetap Mesra dengan Suami

Dalam sebulan sekali Anda perlu menghabiskan waktu bersama suami. Pergi bersama atau melakukan liburan singkat tanpa ada gangguan si kecil sangat penting untuk meng­ha­ngat­kan kembali hubungan per­nikahan.

Anda bisa meni­tipkan si kecil di rumah orang tua atau saudara. Jika ini sulit dilakukan, se­ti­daknya di malam hari ber­mesraanlah dengan suami. Sem­pat­kan­lah berbincang tentang ke­giatan suami dan mem­bicarakan perkem­ba­ngan si kecil. (h/hbr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]