Herregistrasi Ranmor di Limapuluh Kota Rampung


Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:35:33 WIB

Dikatakan, dari 8 kecamatan yang didatangi, yakni Kecamatan Pangkalan, Kapur IX, Harau, Gunung Omeh, Bukik Barisan, Guguak, Mungka dan terakhir kecamatan Suliki. Dari hasil lapangan itu, ternyata masih banyak pemilik Ranmor yang belum membayar kewajibannya berupa pajak kendaraan.

Melalui sistem online, pemilik kenda­raan akan tahu sendiri berapa pajak kenda­raan yang akan dibayarnya. Kami yakin dengan melakukan sosialisasi ketengah masyarakat bersama stakeholder, pemilik kendaraan akan lebih paham lagi terhadap kewajibannya, sebut Zulfahmi.

Menurut dia, tujuan dilakukan penda­taan kembali Ranmor ini agar pemilik kendaraan tidak terutang. “Jika terdaftar sebagai piutang pajak dari objek pajak Ranmor maka segeralah daftarkan ke Samsat. Sebab pajak kendaraan yang tidak dibayar akan menumpuk setiap tahunnya, ditambah lagi dengan denda,” jelasnya.

Kendaraan bermotor di Limapuluh Kota, berjumlah 48.667 terdiri dari roda empat 7,170 dan roda dua 41.497. Tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi, sehing­ga setiap tahun target Samsat lebih 100 persen. Tapi masih ada saja kendaraan yang sudah menjadi besi tua tidak dilaporkan pemiliknya. Sehingga nama pemilik bersa­ma nopol polisinya tetap mucul di Samsat.

Dihimbaunya, masyarakat yang telah menjual Ranmornya seyogianya melakukan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), sebab kendaraan yang sudah di­jual masih atas nama yang lama tetap di­ke­nakan pajak progresif untuk kendaraan be­­rikut­nya, ujar putra Balai Salasa Painan ini.

Wali Nagari Pandam Gadang, Khairul Hafit dan Wali Nagari Koto Tinggi, Yonggi Fadil pada saat pertemuan dengan Samsat Limapuluh Kota, sangat paham sekali yang disampaikan Samsat Limapuluh Kota, harapan bersama ini akan diteruskan kepada masyarakat secara estafet.  Masyarakat yang membawa Ranmor ke kantor Wali Nagari ingatkan agar membayar pajak Ranmornya setiap tahun. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]