Pemko Bukittinggi Resmikan Posko Darurat Kabut Asap


Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:36:08 WIB

Semen­tara untuk pera­latan medis seperti tabung oksigen dan yang lainnya ditempatkan dalam satu unit mo­bil ambulance yang di­parkirkan di sebelah posko itu. Mobil ambulance juga juga disiagakan 24 jam, untuk membawa pasien jika harus dirujuk ke Puskesmas atau rumah sakit di Bu­kittinggi.

“Sejauh ini, kami telah membangun dua posko di Bukittinggi, yang pertama ini di halaman Kantor BP­BD Bukittinggi, dan yang kedua di halaman Pus­da­lops Gulai Bancah. Dalam kondisi seperti ini, kami rasa dua posko ini sudah cukup,” ungkap Sekda B­u­kit­tinggi Yuen Karnova.

Namun Yuen Karnova mengakui, saat ini belum ada prosedur tetap (protap) di posko tersebut dan ber­harap BPBD Bukittinggi sebagai leading sector posko itu segera membuat protap secepat mungkin.

“Kalau masyarakat ingin mendapatkan informasi ka­but asap ke siapa harus ber­tanya, kalau butuh koor­dinasi ke pihak terkait ke­pada siapa harus ber­koor­dinasi, hal seperti itu yang perlu dibentuk secepatnya,” ujar Yuen Karnova.

Yuen Karnova men­je­laskan, ada beberapa fung­si posko ini, diantaranya ada­lah untuk memberikan in­for­masi jika kondisi udara mem­buruk, menerima pe­nga­duan masyarakat serta men­cari solusi untuk me­ngatasinya.

“Kalau ada pasien yang butuh dirawat, maka pe­tugas akan membawanya ke Puskesmas, apabila butuh rujukan lebih lanjut, akan dirujuk ke rumah sakit. Kita tidak milih-milih orang untuk datang ke pos­ko ini, boleh warga Bu­kittinggi, boleh juga para wisatawan. Tapi kalau ada wisatawan yang harus di­rujuk, itu nanti kami bicarakan lagi, karena pe­manfaatan anggarannya memang dikhususkan untuk warga Bukittinggi,” jelas Yuen Karnova.

Dalam peresmian itu, Pemko Bukittinggi juga menyerahkan bantuan be­rupa 12 ribu masker yang secara simbolis diserahkan kepada sejumlah per­wa­kilan kepala sekolah di Kota Bukittinggi. (h/wan)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]